Opera “Gua Kiskenda” Hibur Pemudik di Solo

SOLO – Ribuan warga memadati area Benteng Vastenburg, Senin (18/6) malam. Pemerintah Kota (Pemkot) Solo menyuguhkan opera ramayana dengan lakon “Gua Kiskenda”.

Pertunjukan Opera Ramayan “Gua Kiskenda” di Benteng Vestenburg. Foto: metrojateng.com

Acara yang merupakan bagian dari event Bakdan Ning Sala ini menampilkan artistik bangunan depan dikonsep menyerupai gua. Tak hanya itu, dua pohon beringin yang berusia ratusan tahun disulap sebagai latar belakang panggung sehingga terkesan melihat pertunjukan langsung di depan gua.

Selama kurang lebih dua jam opera yang dikomposeri oleh Dedek Wahyudi dan Gregoriyanto Kris Mahendra tersebut mendapat apresiasi dari penonton yang hadir. Adanya pemain yang tiba-tiba muncul dari bangku penonton menambah pertunjukan tersebut serasa lebih hidup dan mengundang gelak tawa.

Salah seorang pengujung asal Bandung, Mariam Fatini (24) mengaku baru pertama melihat opera ramayana di Kota Solo ini, merurutnya kegiatan tersebut sebagai salah satu cara untuk melestarikan budaya Jawa.

“Ini bagus sih, bagus juga buat kita para generasi milenial untuk mengenal budaya Jawa,” ujarnya saat ditemui di sela-sela pertujukan opera di Benteng Vastenburg, Solo, Selasa malam (18/6).

Hal senada juga diungkapkan oleh Mukti (27), warga asal Jakarta ini mengaku sempat kaget saat tiba-tiba salahh seorang pemain dengan kostum kera berada di belakangnya. “Kaget iya tadi sempat kaget, meski pakai bahasa Jawa yang kurang paham, tapi lucu para pemainnya,” ungkapnya.

Opera ramayana “Gua Kiskenda” ini dimainkan oleh 150 penari dari sanggar, sekolah dan mahasiswa. Event Bakdan Ning Sala ini telah terselenggara sebanyak empat kali dan bertujuan untuk menampilkan sajian budaya jawa kepada para pemudik saat datang ke Kota Solo. Melalui event ini diharapkan bisa menjadi semacam patron Bakdan Ning Sala, sehingga masyarakat bisa menikmati kesenian dan budaya di Solo sembari mudik pulang kampung.

Event ini digelar selama tiga hari mulai 18 Juni hingga 20 Juni 2018, pukul 19.30 WIB di Benteng Vastenburg Solo. (MJ-25)

Anda mungkin juga berminat

Tuliskan Balasan

Alamat email Anda tetap rahasia dan tidak kami simpan.

62 + = 64

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.