Home > JATENG RAYA > Ombak Tinggi, Sejumlah Kapal Hentikan Pelayaran ke Karimunjawa

Ombak Tinggi, Sejumlah Kapal Hentikan Pelayaran ke Karimunjawa

KM Siginjai salah satu kapal yang melayani perjalanan menuju Karimunjawa. (foto: doc metrojateng.com)
 

 

SEMARANG – Sejumlah kapal menghentikan arus pelayaran menuju Pulau Karimunjawa akibat ombak tinggi yang melanda di sekitar perairan tersebur sejak tiga hari terakhir. Nur Eko Prasetyawan, Sekretaris Camat Karimunjawa mengatakan untuk saat ini terdapat empat kapal yang telah menyetop jadwal pelayarannya menuju Pelabuhan Karimun.

“Empat kapal itu terdiri dari tiga feri serta satu kapal ekspres dan sejak hari Minggu kemarin sampai saat ini menyetop pelayarannya kemari. Hal ini tentunya berdampak terhadap perkembangan pariwisata lokal,” katanya saat dihubungi metrosemarang.com, Selasa (28/11).

Ia menambahkan bahwa kondisi hotel maupun homestay yang di Karimunjawa saat ini sepi pengunjung. Padahal, ia memperkirakan biasanya terdapat sedikitnya 1.000-1.500 wisatawan yang menikmati liburan setiap akhir akhir pekan.

“Untuk saat ini hotel-hotel kondisinya masih sepi. Sebab, hujan lebat yang terjadi belakangan ini membuat kapal-kapal jadi takut berlayar. Bahkan, sebagian nelayan di sini juga tidak berani melaut karena ombaknya yang cukup tinggi,” terangnya.

Di dalam kawasan Karimunjawa sendiri, katanya ada beberapa warga yang kesulitan menyeberang ke Pelabuhan Kartini Jepara. Sedikitnya ada lima sampai enam orang pegawai negeri yang tertahan di dalam pulau hingga cuaca kembali mereda.

“Ada pegawai PLN, staf kecamatan maupun warga lokal jadi enggak bisa nyeberang ke Jepara. Karenanya, kami berharap cuaca ekstrem yang terjadi kali ini dapat segera berakhir agar masyarakat bisa kembali beraktivitas normal,” tukasnya. (far)

Ini Menarik!

Pasar Klitikan Rampung, PKL Bantaran BKT Harus Pindah Mulai Januari

Share this on WhatsApp SEMARANG – Pasar Klitikan di Penggaron telah selesai dibangun Pemerintah Kota …

Silakan Berkomentar