Beranda HEADLINE Nyala Obor dan Gema Takbir Warga Solo Sambut Datangnya Idul Fitri

Nyala Obor dan Gema Takbir Warga Solo Sambut Datangnya Idul Fitri

4
0
BERBAGI
image
Sejumlah anak membawa obor dalam malam takbiran di Solo. (Metro Jateng/Raditya Erwiyanto)

 
SOLO – Setelah hampir sebulan penuh menunaikan ibadah puasa, umat muslim pun menyambut hari kemenangan tiba, yakni Idul Fitri dengan gegap gempita. Seiring berjalannya waktu, tampaknya saat malam takbir tiba dengan mengelilingi jalan sambil membawa sebuah oncor tampaknya masih menjadi ciri khas menjelang hari kemenangan tersebut.
 
Pemandangan ini pun masih terlihat di sejumlah titik di Solo, pada Kamis (16/7) malam. Sambil membawa oncor dan mengumandangkan takbir, banyak anak-anak hingga dewasa berjalan menyusri jalan untuk menyampaikan kabar kemenangan tersebut. Uniknya, mereka tak merasa sedikit lelah pun untuk melakukan hal ini.
 
Meski sempat membuat jalan sedikit terhambat, namun berkat pengawalan petugas akhirnya takbir keliling dengan oncor berjalan dengan baik. Banyak orang yang mengatakan jika takbir membawa oncor itu merupakan simbol terang, dimana obor sebagai simbol untuk menyebar kebaikan tentang agama Islam.
 
Seorang takmir Masjid yang mengadakan kegiatan takbir dengan obor, Huda Kristanto menerangkan jika kegiatan ini sudah menjadi turun temurun sejak dahulu. Kegiatan ini bukan hanya wujud kemenangan saja, namun sebagai umat Islam kita harus tetap menjaga kaidah Islam sebagaimana mestinya.
 
“Kalau membuat obor ini sejak kemarin, bahannya masih sama dari bambu,” katanya. (dit)