Nikmati Libur Lebaran, 8 Juta Turis Serbu 4 Obyek Wisata Jateng

SEMARANG – Setidaknya 8 juta wisatawan berbagai daerah bakal merangsek masuk ke Jawa Tengah demi mencicipi momentum libur Lebaran 1439 Hijriyah. Kepala Bidang Destinasi Pariwisata, Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Jawa Tengah, Prambudi, menyebut akan ada empat spot wisata yang bakal dibanjiri jutaan pengunjung.

Kawasan wisata Candi Borobudur jadi salah satu favorit saat libur Lebaran. Foto: ch kurniawati

Keempat obyek wisata yang ia maksud itu antara lain, Candi Borobudur, Sangiran, puncak Dieng serta Pulau surga bawah laut, Karimunjawa di Jepara.

“Kami perkirakan nantinya, Borobudur Magelang, di Sangiran atau Solo Raya, Dieng dan sekitarnya, dan Karimunjawa Jepara,” tuturnya, Sabtu (16/6).

Untuk mengantisipasi lonjakan pengunjung itu, ia telah memperkuat koordinasi lintas daerah dengan semua pemda maupun Kemenpar untuk memaksimalkan layanan pariwisata setempat.

Jika dilihat dari gejala arus liburan Lebaran tahun ini, menurutnya puncak datangnya wisatawan terjadi Sabtu dan Minggu besok.

“Diprediksi nanti ada 4,5 juta kendaraan. Kalau mobil saja ada 2 juta unit, sudah berapa? Prediksi kami pasti ada lebih dari 8 juta wisatawan datang,” kata Prambudi.

Disporapar telah mengerahkan tim agar kenyamanan dan keselamatan wisatawan dapat dijamin.

Ia optimistis kunjungan wisatawan semakin bergerak naik sampai Lebaran ketupat atau Syawalan tiba.

Ia menambahkan sudah ada pemerintah daerah yang melapor kalau mereka akan membuat acara pada perayaan Syawalan. Salah satunya di Kendal.

“Jadi kami akan bersiaga terus hingga syawalan selesai,” ujar Prambudi. (far)

Anda mungkin juga berminat

Tuliskan Balasan

Alamat email Anda tetap rahasia dan tidak kami simpan.

46 − = 43

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.