Nekat Datang ke Magelang, Puluhan Bonek Dipulangkan

MAGELANG -Puluhan suporter asal Surabaya yang dikenal dengan Bonek, dipulangkan lagi ke asalnya oleh Polres Magelang Kota, setelah mereka memasuki Kota Gethuk, Sabtu (21/7). Bahkan hingga malam ini, petugas masih disibukkan dengan kedatangan Bonek yang akan menyaksikan tim kesayangan mereka, Persebaya melawan tuan rumah PSIS Semarang, dalam laga lanjutan Liga 1 di Stadion Moch Soebroto, Magelang, Minggu (22/7) besok.

Pemulangan Bonek dari Magelang, Sabtu (21/7). Foto: ch kurniawati

Kapolres Magelang Kota, AKBP Kristanto Yoga Darmawan melalui Kasubag Humas AKP Nur Sajaah mengatakan, sejak pagi tadi, petugas polisi melakukan penjagaan ketat di setiap perbatasan, sehingga Bonek tidak bisa masuk ke wilayah Kota Magelang.

“Sebab ketentuannya, Persebaya bermain tanpa penonton. Hal itu sesuai dengan perintah Kapolda Jateng, yang menyatakan pada pertandingan antara PSIS Semarang melawan Persebaya, suporter tamu dilarang datang,” kata dia.

Para suporter yang dipulangkan, kedapatan sudah berada di Jalan Ahmad Yani atau sekitar 2 kilometer dari stadion Moch Soebroto yang berlokasi di Kampung Sanden Kelurahan Kramat Selatan Kecamatan Magelang Utara.

Bonek yang nekat datang ke Magelang dipulangkan lagi ke kota asal. Foto: ch kurniawati

Diungkapkan, Kapolda Jateng  dalam surat bernomor B/7333/VII/YAN.2.1/2018/Jtg tertanggal 12 Juli 2018, memberikan izin keamanan laga sepakbola tersebut, dengan syarat suporter Persebaya tidak hadir di Stadion Moch Soebroto.

“Memang yang sudah masuk ke kota Magelang langsung kita pulangkan diangkut menggunakan mobil polisi. Mereka diangkut menuju ke polres berikutnya, dan secara estafet dipulangkan sampai daerahnya,” terang Nur Sajaah.

Ia mengimbau kepada masyarakat yang melihat kehadiran Bonek di wilayah Kota Magelang untuk segera melapor ke kantor polisi terdekat.

Sementara itu, untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan selama laga antara PSIS Semarang melawan Persebaya, pihaknya akan menerjunkan sebanyak 685 personelnya. Mereka terdiri dari 316 personel Polres Magelang Kota yang dibantu dari Brimob Polda Jateng sebanyak 102 orang .

Keamanan masih ditambah dari Dalmas Sat Sabhara Polres Kebumen, Polres Purworejo dan PolresTemanggung masing-masing sebanyak 30 personel, serta 60 orang dari Dalmas Polda Jateng. Sebanyak lima ekor anjing juga ikut disiagakan oleh unit satwa.

Untuk kekuatan samping juga dikerahkan  personel dari Kodim 0705/Magelang, Armed 3 Tarik/Nagapakca Magelang, Corp Polisi Militer Sub  Sub Detasemen Polisi Militer IV/2-1 Magelang dan Dinas Perhubungan Kota Magelang. (MJ-24)

Anda mungkin juga berminat

Tuliskan Balasan

Alamat email Anda tetap rahasia dan tidak kami simpan.

45 − = 43

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.