Beranda JATENG RAYA EKONOMI BISNIS Nasmoco Tutup Tahun 2017 dengan Tumbuh 5%

Nasmoco Tutup Tahun 2017 dengan Tumbuh 5%

1
0
BERBAGI
Managing Director Nasmoco Group Fatrijanto memberikan keterangan tentang kinerja tahun 2017 dan prediksi 2018 di Wujil Resto Kabupaten Semarang, Rabu (10/1). (Foto: metrojateng.com/Anggun Puspita)

SEMARANG – Dealer resmi Toyota di wilayah Jawa Tengah – DIY, Nasmoco Group menutup tahun 2017 dengan merealisasikan penjualan sebesar 28.500 unit. Dibandingkan tahun sebelumnya penjualan Nasmoco tumbuh 5%.

Managing Director Nasmoco Group, Fatrijanto mengatakan, realisasi tersebut di luar dugaan pihaknya, mengingat selama hampir setahun berjalan penjualan mobil stabil. Akan tetapi dua bulan terakhir di 2017, November dan Desember penjualan meningkat.

“November kami menjual 2.726 unit dan Desember 3.068 unit. Kondisi itu mendongkrak total penjualan tahun 2017 dibandingkan realisasi tahun 2016 sebesar 27.200 unit,” ungkapnya di sela Journalist Test Drive All New Rush di Wujil Resto Kabupaten Semarang, Rabu (10/1).

Pencapaian tersebut mempertahankan posisi Toyota sebagai market leader otomotif. Sebab konsumen merespon positif produk-produk baru Toyota yang diluncurkan sepanjang tahun ini.

Diketahui sepanjang tahun 2017, PT Toyota-Astra Motor (TAM) meluncurkan beberapa produk terbarunya antara lain New Venturer, New Agya, New Fortuner TRD Sportivo, All New Voxy, New Altis dan All New Rush. Produk-produk baru tersebut semakin memperkuat dominasi Toyota di semua line-up dan semua segmen mulai dari entry hatchback, sedan, MPV (Multi Purpose Vehicle) hingga SUV (Sport Utility Vehicle).

Fatrijanto menjelaskan, mobil dengan tipe MPV menjadi mobil terlaris sekaligus terfavorit yang paling diminati oleh konsumen. “Ini karena MPV merupakan mobil penumpang dan sesuai bagi konsumen yang memiliki anggota keluarga banyak atau sering berpergian dengan membawa barang bawaan yang cukup banyak,” tuturnya.

Tiga produk Toyota di segmen MPV ini memberikan kontribusi terbesar bagi penjualan. Ketiga mobil tersebut adalah Grand New Avanza (32,4%), All New Calya (23,6%) dan New Innova (16,%). Total kontribusi dari ketiga model MPV tersebut mencapai 72% dari total penjualan Toyota di Jateng dan DIY.

“Tahun 2018 ini kami optimistis pasar otomotif akan tetap terus tumbuh. Paling tidak kami bisa mencapai target penjualan sama dengan tahun 2017,” tandasnya. (ang)