Home > JATENG RAYA > METRO SOLO > Naskah Kuno di Perpustakaan Masjid Agung Solo akan Didigitalisasi

Naskah Kuno di Perpustakaan Masjid Agung Solo akan Didigitalisasi

image

SOLO – Digitalisasi bakal diberlakukan terhadap puluhan naskah kuno yang tersimpan di Perpustakaan Masjid Agung Solo. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi kerusakan naskah yang sudah berumur ratusan tahun tersebut.

“Hampir 35 persen naskah yang berbentuk kitab dimakan rayap. Sangat eman-eman, dilihat dari depan bagus tapi setelah diambil belakang naskah sudah dimakan rayap. Jelas ini sangat disayangkan,” ujar kerabat Keraton Kanjeng Pangeran (KP) Edi Wirabumi saat melakukan pengecekan di Perpustakaan Masjid Agung, Kamis (13/11) siang.

Pihaknya menilai jika dilakukan digitalisasi naskah tersebut akan terselamatkan. Dari kebanyakan naskah kuno yang disimpan di perpustakaan tersebut merupakan peninggalan Pakubuwono X. “Nanti coba akan saya bicarakan dahulu dengan pihak keraton,” tegasnya.

Untuk sementara waktu dirinya meminta kepada pengelola perpustakaan untuk memberikan obat anti rayap dan memindahkan tumpukan tersebut ke tempat yang lebih aman. “Saya harap pengelola juga aktif melakukan pengecekan dan juga selalu membersihkan naskah tersebut. Karena bagaimanapun naskah ini merupakan bagian dari sejarah negara kita,” ujarnya. (dit)

Ini Menarik!

Ini Bocoran Menu Pesta Pernikahan Kahiyang

SEMARANG – Sebuah tempat persewaan alat pesta di Semarang bernama ADA mendapat pesanan sewa puluhan …

Silakan Berkomentar