Napi Rutan Pemalang Mengamuk, Dua Orang Dibacok

SEMARANG – Sejumlah pintu sel tahanan Rutan Kelas II B Pemalang rusak parah setelah ratusan narapidana tiba-tiba mengamuk, pada Minggu petang (8/7) kemarin. Menurut Kabag Humas Ditjen PAS, Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Ade Kusmanto, kerusuhan dipicu adanya dua narapidana kasus narkotika di sel tahanan 11 yang terlibat cekcok lantaran ada salah paham.

Ilustrasi.

Tanpa diduga, kata Ade, enam narapidana langsung menyerang memakai sebuah gagang sikat yang diruncingkan sehingga mengakibatkan dua orang terluka.

“Melihat dua orang tersungkur, napi lain yang berada di dalam kamar memanggil sipir untuk membawa korban ke rumah sakit,” katanya, saat dikontak, Senin (9/7).

Tetapi karena tak sabar, beberapa narapidana lainnya tersulut emosinya dengan menjebol sebuah pintu kamar. Ada puluhan narapidana di sel 11 juga ikut menjebol delapan pintu kamar lainnya.

Tak berhenti disitu saja. Ade berkata ada laporan ratusan narapidana dari sembilan sel tahanan berhasil menjebol pengamanan dan memecah semua kaca di ruangan sipir.

“Dua narapidana yang terluka diketahui bernama Risky Hikmatullah. Dia mengalami luka sobek pada kepala terkena sikim. Korban kedua atas nama Imam Faturohman. Dia terluka pada pada jidat dan tangan kiri,” ungkapnya.

Kedua narapidana tersebut kini dibawa ke Rumah Sakit dr Asharu Pemalang untuk menjalani perawatan intensif. Pasca-kerusuhan, ada 17 narapidana terpaksa dievakuasi untuk dipindah ke Lapas Tegal dan Brebes.

Tujuh narapidana dipindah ke Lapas Brebes dan 10 orang lainnya dikirim ke Lapas Tegal. “Mereka diduga menjadi provokator kerusuhan,” tegasnya.

Selama ini Rutan Pemalang dihuni 253 narapidana berbagai kasus kejahatan. Bahkan, ada 50 narapidana narkoba hasil pindahan dari Lapas Cipinang, dan 20 narapidana pindahan dari Lapas Kelas IIA Pekalongan.

“Dengan dibantu pihak kepolisian, kondisi Rutan Pemalang sekarang sudah aman dan kondusif. Sejumlah petugas bersenjata lengkap telah disiagakan sampai situasi benar-benar berangsur normal kembali,” tandasnya. (far)

Anda mungkin juga berminat

Tuliskan Balasan

Alamat email Anda tetap rahasia dan tidak kami simpan.

95 − 85 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.