Mulai Dibuka, Ini Aturan saat Melintas Jembatan Tol Kali Kutho

KENDAL – Sesuai dengan rencana semula, jembatan tol Kali Kutho sudah mulai dilalui untuk kendaraan pemudik pada H-2 Lebaran, Rabu (13/6) sore. Meski bersifat darurat namun jembatan ini mampu dilewati kendaraan berat namun tetap dengan kecepatan rendah dan bergantian.

Jembatan Kali Kutho mulai dibuka, Rabu (13/6). Foto: edi prayitno

Satu lajur yang disiapkan untuk kendaraan pemudik yang akan melintas jembatan lengkung sudah disiapkan sejak Rabu (13/6) pagi. Namun untuk memastikan bisa dilalui kendaraan pemudik perlu uji coba kendaraan berat.

Jembatan ini mampu menahan beban hingga 16 ton, tetapi kendaraan harus berjalan maksimal 20 kilometer perjam dan satu lajur saja yang dapat digunakan. Lantai jembatan masih bersifat sementara yakni menggunakan plat baja.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadi Muljono mengatakan, jembatan ini sifatnya sementara namun sudah layak dilalui kendaraan. “Dengan dibukanya jembatan Kali Kutho ini diharapkan bisa mengurangi kemacetan di persimpangan dengan jalan Pantura,” katanya.

Sesuai target jembatan ini akan selesai 100 persen pada akhir September 2018 dan pada akhir tahun 2018 ini seluruh proyek tol Trans Jawa yang saat ini berjalan akan selesai.

Sementara Kapolda Jawa Tengah, Irjen Polisi Condro Kirono mengatakan jembatan Kali Kutho ini akan mengurangi kepadatan di pintu keluar Gringsing dan pintu masuk Weleri. “Kendaraan nantinya akan langsung melintas jembatan Kali Kutho, namun demikian jika masih padat arus dari arah barat pintu keluar Gringsing difungsikan,” jelasnya.

Namun ia mengatakan hal ini masih akan ada kepadatan arus di wilayah Kali Kutho karena untuk melintasi jembatan ini akan dilakukan penyempitan arus dari dua arus menjadi satu arus.

“Arus kami perkecil untuk karena jembatan ini hanya dibuka satu jalur. Oleh sebab itu apabila masih terjadi kepadatan arus maka akan tetap akan kami keluarkan ke pantura,” paparnya.

Sedangkan Dirut Jasa Marga Semarang-Batang, Arie Irianto menjelaskan kecepatan kendaraan melalui jembatan Kali Kutho adalah 20 kilometer perjam. “Karena masih bersifat fungsional sehingga tidak boleh melaju dengan kencang sebab akan menggetarkan konstruksi lainnya,” katanya.

Rencananya kendaraan dari arah barat akan melintas jembatan tol Kali Kutho hingga hari Minggu (17/6) mendatang. Jembatan kemudian akan dilalui kendaraan pemudik yang hendak balik ke Jakarta mulai hari Senin (18/6). (MJ-01)

Anda mungkin juga berminat

Tuliskan Balasan

Alamat email Anda tetap rahasia dan tidak kami simpan.

10 + = 16

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.