MUI Terapkan Sistem Online untuk Pendaftaran Sertifikasi Halal

MUI Terapkan Sistem Online untuk Pendaftaran Sertifikasi Halal
?

SEMARANG – Lembaga Pengkajian Pangan Obat-obatan dan Kosmetika Majelis Ulama Indonesia (LPPOM MUI) Provinsi Jawa Tengah sudah menerapkan sistem online untuk pendaftaran sertifikasi. Wakil Direktur II LPPOM MUI Jawa Tengah, Mochammad Iman menyampaikan semua pemohon sertifikat tidak perlu repot datang ke kantor LPPOM dan menyerahkan dokumen.
Cukup dengan jaringan internet, perusahaan atau usaha kecil dapat melakukan proses pendaftaran. Dengan sistem ini diharapkan pelayanan semakin mudah dan cepat.

Dia menyebutkan, Usaha Kecil Menengah (UKM) tidak banyak yang dapat mengikuti prosedur ini, sehingga diperlukan edukasi untuk masyarakat. “MUI kabupaten dan auditor daerah dapat ikut melakukan edukasi untuk masyarakat yang belum mengerti tentang Sertifikasi Online” jelas Iman, Senin (6/2).
LPPOM MUI Jawa Tengah telah memiliki 48 Auditor yang tersebar diseluruh kabupaten kota di Jawa Tengah. Dengan didukung banyaknya Sumber Daya Auditor Halal, diharapkan kinerja LPPOM semakin baik.

Hal ini juga menegaskan keseriusan peran MUI Kabupaten untuk mengawal proses sertifikasi Halal, seperti yang terjadi di beberapa daerah, seperti Kabupaten Wonosobo. Dijelaskannya, MUI Wonosobo telah mendampingi beberapa pengusaha Rumah Potong Ayam dan Rumah Potong Hewan di Wonosobo agar melakukan penyembelihan sesuai syariat islam. (ade)

Anda mungkin juga berminat

Tuliskan Balasan

Alamat email Anda tetap rahasia dan tidak kami simpan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.