Home > JATENG RAYA > Muhammad Solikhin Menangi Lomba Foto Jalan Sehat Tuin Van Java 2017

Muhammad Solikhin Menangi Lomba Foto Jalan Sehat Tuin Van Java 2017


MAGELANG – Dewan juri lomba foto Jalan Sehat Tuin Van Java 2017 akhirnya berhasil memilih tiga foto terbaik yang layak keluar sebagai pemenang. Ketiga foto itu karya fotografer Muhammad Solikhin (juara I) dan Zudie Cahyadi serta Giri Wijayanto masing-masing keluar sebagai juara ke 2 dan 3.

    Foto milik Muhammad Solikhin dengan judul ‘Aktivitas Pagi” menggambarkan suasana pagi di PKL Tuin Van Java Alun-alun. Kemudian juara kedua foto milik Zudie berjudul “Lomba Mewarnai” dan juara ketiga milik Giri Wijayanto berjudul “Serunya Jalan Sehat HUT PKL TVJ”.

    Ketiganya berhak mendapatkan trophy,  uang pembinaan Rp1 juta, Rp750 ribu, Rp500 ribu. Mereka juga mendapatkan bingkisan menarik serta vocher menginap di Hotel Atria, Hotel Trio, dan Hotel Safira. 

    Menurut M Faiz, salah satu juri, para pemenang berhasil menyisihkan 421 karya foto yang dikirim para fotografer. Para pemenang membidik obyek yang sesuai dengan tema yang sudah di tetapkan oleh panitia, yaitu tentang kegiatan jalan santai Tuin Van Java. 

    “Sangat luar biasa karya teman-teman fotografer. Hanya saja yang perlu diingat bahwa peserta tidak boleh asal membidik obyek saja, namun apabila mengikuti lomba, harus menyesuaikan dengan tema yang sudah di tetapkan,” kata Faiz dalam pengumuman lomba foto di Cofee Tofee, Minggu (22/1).

    Sementara itu, penggagas lomba fotografi Jalan Sehat Tuin Van Java 2017, Asef Farid Amani mengatakan bahwa saat ini sudah memasuki era digital. Karenanya, pihaknya sengaja memberikan kesempatan kepada para fotografer untuk mengirim hasil karya terbaiknya melalui media sosial Instagram. Proses pengambilan gambar, lanjutnya, dilakukan Minggu (8/1) lalu, dimana para fotografer bebas membidik obyek dalam event tersebut.

    Dikatakan, ada banyak kegiatan yang dilaksanakan dalam event tersebut, antara lain, lomba mewarnai, donor darah dan menampilkan kesenian tradisional dari beberapa sekolah yang ada di Kota Magelang.

    Lomba foto yang digulirkan kalangan jurnalis di Kota Magelang tersebut diseleksi oleh tim juri yang profesional. Mereka antara lain, Anis Efuzudin pewarta foto Antara, M Faiz dan Noor Efa, keduanya  fotografer profesional.

    Asef mengatakan, pihaknya sengaja memilih instagram sebagai basis pengiriman lomba fotografi ini karena penggunanya sekarang sangat banyak. Bahkan, lomba ini saja diikuti hampir 500 peserta dari berbagai daerah, seperti Yogjakarta, Temanggung, Wonosobo dan daerah sekitar lainnya.

    Asef berpendapat, lomba fotografi masih menjadi tren strategis ajang promosi. Terutama pusat kuliner yang berada di jantung Kota Magelang, Tuin Van Java.

    Dengan lomba foto ini, kalangan jurnalis ingin ikut serta membantu pemerintah Kota Magelang, mempromosikan sekaligus mengangkat potensi kuliner yang ada di sana. Apalagi sejak menempati shelter yang baru, PKL TVJ kini jumlahnya mencapai 151 PKL dengan menyajikan menu yang cukup beragam.

    kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Magelang, Joko Budiyono mengaku sangat mengapresiasi kinerja Paguyuban TVJ dan para jurnalis yang membuat event yang sangat menarik.

    “Baru kali ini ada PKL yang mampu membuat event semeriah dan sebesar ini,” katanya.

    Ia juga bangga karena Kota Magelang banyak di datangi fotografer untuk membidik event yang di gelar. Artinya, nama Kota Magelang semakin di kenal oleh masyarakat luas.

Demikian juga untuk kuliner diharapkan semakin di minati oleh masyarakat luas,sehingga banyak yang berburu kuliner di Kota Magelang.

    “Kalau banyak pendatang yang berburu kuliner di Kota Magelang, maka sudah bisa dipastikan penghasilan para PKL akan meningkat  dan ekonomi kerakyatan semakin terangkat,” katanya.

    Secara khusus, Joko berterima kasih kepada jurnalis yang ikut mendampingi PKL untuk menggelar event ini. Kedepan, ia berharap kegiatan serupa bisa di gelar dengan skala lebih besar.

    Disebutkan, pemerintah akan selalu men-suport kegiatan-kegiatan positif semacam ini. “Tapi saya berharap yang di garap tidak hanya TVJ saja, namun juga kuliner lainnya bisa membuat acara yang bisa dinikmati masyarakat,” kata Joko. (MJ-24)

Ini Menarik!

Motorola Beri Harga Khusus Akhir Tahun

Share this on WhatsApp SEMARANG – Di penghujung tahun 2017, Motorola Indonesia menggelar promo bertajuk …

Silakan Berkomentar