Libur Lebaran, Perjalanan Sepur Kluthuk Ambarawa Ditambah

SEMARANG – PT Kereta Api Indonesia memastikan jadwal perjalanan sepur kluthuk jurusan Ambarawa-Tuntang PP, bakal ditambah demi mengakomodir keinginan masyarakat yang ingin menikmati kereta api wisata itu selama libur panjang Lebaran 1439 Hijriah.

kereta ambarawa
Lokomotif uap B 2503 yang menarik gerbong berisi para wisatawan melaju di perlintasan kereta api di Bawen, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah. (foto: Antara)

Suprapto, Manager Humas KAI Daop 4 Semarang, mengungkapkan sepur kluthuk akan beroperasi lebih lama mulai 11 Juni sampai 22 Juni nanti. Penambahan perjalanan sepur kluthuk itu bertepatan dengan momentum libur Lebaran yang telah ditetapkan oleh pemerintah pusat.

“Jadi yang tadinya cuma jalan setiap Sabtu dan Minggu. Pas liburan Idul Fitri nanti, jadwalnya ditambah lagi yakni beroperasi Senin 11 Juni sampai dengan Rabu 13 Juni. Kemudian, yang kedua pada Senin 18 Juni sampai Jumat 22 Juni,” ujar Suprapto kepada metrojateng.com, Kamis (7/6).

Pada liburan Lebaran nanti, sepur kluthuk akan beroperasi tiga kali yaitu pukul 10.00 WIB, 11.00 WIB dan pukul 13.00 WIB. Kendati begitu, ia berujar harga tiket sepur kluthuk untuk sekali jalan tidak mengalami lonjakan. Selembar tiket tetap dijual Rp 50 ribu. Rangkaian sepur kluthuk terdiri dari sebuah lokomotif uap yang dilengkapi tiga gerbong.

“Daya angkutnya 120 penumpang sekali jalan,” kata Suprapto, sembari menambahkan bahwa, selama ini antusiasme wisatawan untuk menjajal sepur kluthuk terbilang tinggi. Mayoritas peminatnya berasal dari pelancong luar kota macam dari Jakarta, Surabaya, Bandung yang kebetulan berlibur di Semarang. (far)

Anda mungkin juga berminat

Tuliskan Balasan

Alamat email Anda tetap rahasia dan tidak kami simpan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.