Home > GUBERNURAN > Mobil Dinas Dipakai Stafsus untuk Lebaran, Ganjar Minta Kembalikan

Mobil Dinas Dipakai Stafsus untuk Lebaran, Ganjar Minta Kembalikan

image

SEMARANG – Inspeksi mendadak Gubernur Jateng Ganjar Pranowo di pool mobil dinas Pemprov pada Kamis (16/7) pagi tidak sia-sia. Ganjar menemukan salah satu mobil masih dipakai staf khusus gubernur.

Ia pun langsung menelepon staf khusus itu. Mobil dimintanya segera dikembalikan. Jika ingin memakai mobil untuk lebaran, Ganjar menyuruh untuk menyewa saja.

“Tolong dikembalikan segera ya, nyewa saja kalau untuk lebaran,” katanya, sembari memegang smartphone-nya.

Permintaan tersebut disampaikan Ganjar setelah mengetahui ada satu unit kendaraan dinas jenis Mitsubishi Pajero yang masih digunakan salah seorang staf khususnya pada H-1 Lebaran 2015.

Sidak juga dilakukan Ganjar di area parkir Pemprov Jateng. Di sana ia sempat mempertanyakan mengapa kebanyakan mobil tidak diberi penutup. “Itu tidak bisa ditutupi, kan ditinggal beberapa hari di tempat terbuka,” katanya.

Sejumlah petugas di Pemprov mengaku tidak tahu. Menurut mereka yang bertugas mengurus biasanya sopir mobil masing-masing.

Sesuai dengan surat edaran Gubernur Jawa Tengah, maka seluruh kendaraan dinas di lingkungan Setda Provinsi Jateng dan satuan kerja perangkat daerah (SKPD) harus sudah diparkir di “pool” pada Rabu (15/7) atau tidak boleh digunakan untuk kepentingan pribadi seperti mudik Lebaran.

Terkait dengan peraturan tersebut, Ganjar mengharapkan seluruh jajaran pegawai negeri sipil (PNS) Pemprov Jateng menggunakan kendaraan pribadi saat mudik, kecuali bagi petugas dari Dinas Perhubungan, Komunikasi, dan Informatika serta Satpol PP yang bertugas pada Lebaran.

“Hari ini masih ada (kendaraan dinas, red) yang dipakai maka saya minta untuk dikembalikan agar semua gunakan aturan yang sama,” ujar Ganjar usai melakukan sidak di garasi kendaraan dinas Pemprov Jateng dan di kompleks kantor Gubernur Jateng.

Sebelumnya, Kepala Biro Umum Sekretariat Daerah Provinsi Jawa Tengah Dyah Lukisari mengatakan bahwa semua jenis mobil dinas di lingkungan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah wajib diparkir di “pool” pada H-2 Lebaran 2015 terkait dengan larangan penggunaan kendaraan berpelat merah untuk keperluan mudik oleh Gubernur Jateng Ganjar Pranowo.

Ia menjelaskan bahwa jumlah kendaraan dinas yang ada di lingkungan Setda Pemprov Jateng sebanyak 155 unit, kendaraan khusus seperti truk, bus, dan bak terbuka 50 unit, serta 60 unit sepeda motor berpelat merah.

Menurut dia, kendaraan dinas itu bisa dipakai kembali oleh pegawai negeri sipil sebagai sarana operasional pada Selasa (21/7) atau saat sudah kembali bekerja. (byo)

Ini Menarik!

Konduktor Asal Amerika Akan Ramaikan Konser Sumpah Pemuda

Share this on WhatsAppSEMARANG – Dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda, Pemerintah Kota Semarang melalui …

Silakan Berkomentar