Home > EDUKASI > MKKS Solo Masih Tunggu Surat Resmi Pemberhentian Kurikulum 2013

MKKS Solo Masih Tunggu Surat Resmi Pemberhentian Kurikulum 2013

Kurikulum 2013. Foto: www.kuambil.com
Kurikulum 2013. Foto: www.kuambil.com

SOLO – Ketua Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMP Solo, Haryadi Giyarso, menyayangkan penghentian Kurikulum 2013. Meski belum mendapat edaran resmi dari pihak terkait, pihaknya masih menunggu terkait keputusan tersebut, karena selama ini banyak pihak mendengar kabar tersebut dari media, bukan dari surat edaran resmi.

“Apapun keputusan nanti, kami masih menunggu surat resminya. Yang jelas menurut saya keberadaan Kurikulum 2013 merupakan penyempurnaan KTSP. Sehingga jika dihentikan, akan semakin menunjukkan bahwa di negara Indonesia belum siap melakukan Kurikulum 2013,” ujarnya saat ditemui wartawan, di ruang kerjanya, Senin (8/12).

Pihaknya menilai banyak hal positif yang bisa dicapai dengan Kurikulum 2013, salah satunya seorang guru akan semakin profesional, karena melakukan pengawasan secara langsung kepada seorang siswa. Sehingga jika sistem KTSP dikembalikan, seorang guru akan menilai siswa dari teorinya, bukan dari perhatian secara langsung.

“Jujur kalau saya lihat konsepnya sangat bagus, hanya saja Sumber Daya Manusia (SDM) belum siap. Memang beberapa sekolah SMP di Solo sudah melakukan Kurikulum 2013 hingga beberapa semester, jika Kurikulum 2013 dihentikan otomatis akan ada penyesuaian lagi dengan kurikulum yang bakal diterapkan,” akunya.

Walau begitu, pihaknya enggan berbicara lebih lanjut. Karena secepat mungkin pihaknya akan memanggil semua kepala sekolah terkait, guna menetapkan langkah apa yang diambil jika benar atau tidaknya kurikulum tersebut dihentikan.

“Ya, harapan saya ke depan Kurikulum 2013 harus diterapkan serempak dan matang, agar pendidikan di Indonesia semakin maju pula,” harapnya.

Hal senada juga diungkapkan ketua MKKS SMK, Susanta. Di mana pihaknya masih menunggu surat edaran resmi dari pihak terkait. “Saat ini memasuki akhir semester satu, padahal 100 persen buku untuk semester dua sudah kami terima. Jika terjadi penghentian kurikulum, lalu semua buku ini akan dikemanakan?,” tanyanya. (MJ-16)

 

Ini Menarik!

Silverter Sunaryo, Guru Penjemput Murid

Share this on WhatsApp SILVESTER Sunaryo baru saja selesai mengawasi ujian semester di Ruang Kelas …

Silakan Berkomentar