Home > Uncategorized > Mirip Kubangan, Jalan Kertomulyo Brangsong, Kendal, Susah Dilewati

Mirip Kubangan, Jalan Kertomulyo Brangsong, Kendal, Susah Dilewati

Perbaikan jalan di Pantura Kendal. Dinas Bina Marga dan Pengairan Kendal menargetkan pembenahan jalan rusak di beberapa titik pada tahun ini (Fotro: Metro)
Perbaikan jalan di Pantura Kendal. Dinas Bina Marga dan Pengairan Kendal menargetkan pembenahan jalan rusak di beberapa titik pada tahun ini (Fotro: Metro)

 

KENDAL – Kondisi jalan di Desa Kertomulyo, Kecamatan Brangsong, Kendal, belum tersentuh perbaikan dan kini masih rusak parah. Bahkan, jika musim penghujan datang, badan jalan dipenuhi dengan lumpur dan genangan air. Jalan tersebut merupakan akses utama Desa Kertomulyo menuju desa-desa lain di sekitar. Selain itu, juga sebagai jalur alternatif penghubung antara Kecamatan Brangsong ke Kecamatan Kaliwungu.

Salah seorang warga setempat, Susi Nur Ajiyati, mengatakan bahwa kerusakan jalan di Desa Kertomulyo sudah terjadi sejak beberapa tahun lalu. Namun, hingga saat ini belum ada perhatian dari pemerintah setempat. “Saya dengar ada perbaikan infrastruktur jalan, tapi di Desa Kertomulyo belum ada tanda-tanda seperti bahan material ataupun alat berat,” katanya.

Dia sendiri mengaku belum mengetahui program perbaikan infrastruktur secara detil, terutama titik-titik yang akan diperbaiki lebih dulu. Menurutnya, informasi terkait program perbaikan infrastruktur jalan hanya didapat dari sejumlah media cetak. “Apakah diperbaiki secara menyeluruh di Kabupaten Kendal, atau hanya beberapa titik, saya tidak tahu,” lanjutnya.

Kerusakan jalan yang terjadi di sepanjang Desa Kertomulyo ini, menurut Susi, sangat menghambat aktifitas warga, terutama saat perayaan lebaran lalu. Sebab, jalur yang ditempuh untuk mendatangi anggota keluarga yang berada di lain daerah banyak lubang. “Kalau habis hujan berlumpur, kalau kemarau banyak debu,” papar dia.

Khafid, warga Cepiring, juga mengaku sangat terganggu saat melintas di jalan Desa Kertomulyo tersebut. Selama ini, dirinya kerap melintas untuk berkunjung anggota keluarganya yang bermukim di desa setempat. “Selain keluarga, ada cukup banyak teman di situ. Tapi pilihannya adalah tetap melalui jalan yang rusak, atau tidak jadi berkunjung,” ucapnya.

Ditambahkannya, selain terkendala kerusakan jalan, dirinya juga harus membersihkan sepeda motornya akibat terkena lumpur. “Kalau pas hujan kendaraan jadi sangat kotor. Kalau tidak segera dibersihkan akan membuat cepat rusak,” imbuhnya.

Dia berharap, pemerintah setempat dapat segera memperbaiki jalan Desa Kertomulyo, mengingat padatnya aktifitas warga yang melintas di jalan tersebut. “Banyak juga anak-anak sekolah yang lewat di jalan itu,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Binamarga dan Pengairan Kabupaten Kendal, Agung Setiawan, memastikan bahwa pihaknya akan segera memperbaiki jalan-jalan yang rusak di wilayah Kabupaten Kendal. “Kalau soal perbaikan jalan itu tidak ada hubungannya dengan lebaran, hubungannya ya dengan anggaran. Jadi kalau anggarannya sudah turun, perbaikan sudah dapat dilakukan. Ini sudah kami mulai perbaikannya,” tandasnya. (MS-05)

Ini Menarik!

PKL Resmi di Semarang Akan Diberikan Kartu Anggota

Share this on WhatsApp SEMARANG – DPRD Kota Semarang sedang berusaha membuat peraturan yang mengatur …

Silakan Berkomentar