Beranda HEADLINE Mi Berformalin Beredar di Magelang, Ini Pembuatnya!

Mi Berformalin Beredar di Magelang, Ini Pembuatnya!

1
0
Tersangka pembuat mie berformalin diamankan di Mapolres Magelang. Foto Metrojateng
Tersangka pembuat mie berformalin diamankan di Mapolres Magelang. Foto Metrojateng

MUNGKID– Peredaran mi berformalin di Kabupaten Magelang kembali terungkap. Polisi berhasil mengamankan Mukhlas (32) dalam penggerebekan di Dusun Sedayu, Desa Balerejo, Kecamatan Kaliangkrik.

Kapolres Magelang AKBP Rifky mengatakan, dalam penggrebekan itu, pihaknya juga mengamankan sebuah mesin, mi basah 4 karung seberat 3 kuintal, 3 bungkus tawas, satu bungkus formalin isi 2 liter.

Dari pengakuan tersangka, mie formalin tersebut diedarkan di wilayah Kota dan Kabupaten Magelang. Terutama penjual bakso. Dia sudah menjalanakan bisnis illegal tersebut selama empat bulan terakhir.

Setiap kilogramnya dijual seharga Rp 4.000. Untuk pembuatannya, setiap 50 kilogram tepung dicampur formalin sebanyak satu tutup botol minuman mineral. “Lebih murah dibanding mie yang lain,” ungkap Rifky.

Pihaknya juga telah melakukan uji laboratorium. Hasilnya, mie yang beredar postif mengandung zat pengawet mayat itu.

Untuk mendalami kasus ini, tersangka ditahan di Mapolres Magelang. Polisi memasang pasal 136 huruf B UU 18 tahun 2012 tentang pangan. “Ancaman 5 tahun dan denda maksimal Rp 10 milliar,” katanya.

Sementara itu, tersangka Mukhlas mengaku nekat mencampurkan zat formalin itu untuk mengawetkan mie. “Supaya bisa bertahan lebih lama,” jelas dia. (MJ-14)