Beranda JATENG RAYA METRO MURIA Meriah! Tradisi Khitan di Teluk Wetan

Meriah! Tradisi Khitan di Teluk Wetan

71
0
sunatan desa teluk wetan
Tradisi khitan di Desa Teluk Wetan Kecamatan Welahan Kabupaten Jepara. (foto: metrojateng.com/MJ-23)

JEPARA –  ini berlangsung meriah. Anak yang akan dikhitan lebih dulu dinaikkan kuda jantan lengkap dengan kostum ala timur tengah.

Dialah Wildan Saifulloh Zayyan (12), putra pasangan Puwanto dan Dewi. Selain naik kuda, ia juga diiringi rombongan keluarga yang menggunalan dokar hias dan berkostum Jawa, keliling kampung. Banyak warga setempat yang menunggu di sisi jalan untuk menyaksikan rombongan “berkuda” lewat.

Khasanah (55), warga Desa Teluk Wetan mengaku tidak semua anak yang dikhitan menggunakan tradisi naik kuda. Sebab, selain biaya yang mahal juga mempertimbangkan psikologi anak.

“Jarang khitan seperti ini, karena biayanya mahal dan tidak semua anak berani untuk diarak naik kuda,” katanya, Kamis (1/3/2018).

Menurutnya, jika tradisi tersebut dulunya untuk menandakan bahwa anak yang dikhitan telah khatam mengaji Al Quran. Namun, saat ini belum tentu.

“Kalau dulu kan anak khitan berarti akan menjadi dewasa, sehingga harus bisa mengaji. Nah, bagi anak yang khatam ngajinya saat khitan dinaikkan kuda,” paparnya.

Sementara Purwanto menuturkan bahwa ia tetap melakukan tradisi tersebut mencoba memberikan pemahaman bagi anaknya untuk tetap menjaga budaya timur.

“Wong jowo ojo ilang jowone (orang Jawa jangan hilang Jawanya). Tetep berbakti kepada orangtua, negara dan bangsa. Sekolahnya biar pintar,” tandasnya.(MJ-23)