Home > JATENG RAYA > Menhan Ryamizard Minta Siswa Sekolah Taruna Nusantara Jadi Kader Bela Negara

Menhan Ryamizard Minta Siswa Sekolah Taruna Nusantara Jadi Kader Bela Negara

ilustrasi

MAGELANG – Mentri Pertahanan Jendral TNI (Purn) Ryamizard Ryacudu meminta agar sekolah-sekolahmengganti perploncoan dengan program bela negara. Hal itu dilakukan agar siswa memahami Pancasila sebagai dasar negara Indonesia. Sifat Pancasila adalah gotong royong dan kebersamaan, musyawarah untuk mufakat.

    Hal itu disampaikan menhan Riamizard  Ryacudu usai memberikan ceramah pembekalan kepada siswa siswi SMA Taruna Nusantara (TN) di Magelang, Kamis (19/1).

    Menhan menekankan bahwa sudah  menjadi tugas warga Indonesia  untuk melaksanakan bela negara. Menurutnya, bela negara bukan masalah kemiliteran, namun bagaimana menyadarkan masyarakat pentingnya bela negara.

    “Singapura sudah mulai dengan wajib militer, demikian juga Amerika. Namun di Indonesia belum saatnya, karena ancaman di Indonesia adalah paham-paham radikal yang mengancam pikiran,” kata Menhan.

    Sementara itu dihadapan siswa siswi SMA TN Menhan berharap siswa di sini mampu menjadi  pelopor kader bela negara. Para siswa bisa menjadi  generasi muda penerus yang mampu  menjadi agen perubahan dan pelopor sikap dan perilaku bela negara.

    Sudah banyak perubahan mendasar dalam kehidupan berbangsa dan bernegara ini.”Pengaruh global dan perkembangan lingkungan strategis ternyata telah menimbulkan berbagai permasalahan yang kompleks dan multi dimensional, khususnya terkait dengan negara,”katanya.

    Ia juga mengemukakan, berbagai problem kebangsaan sudah terjadi di mana potensi disintegrasi bangsa, menurunnya nasionalisme serta semangat kebhinnekaan, masalah terorisme dan deradikalisasi yang mengarah pada semakin menurunnya kesadaran untuk membela negaranya semakin sering disaksikan.

        Hal ini,menurut Menhan,  sangat berbahaya apabila tidak ada upaya strategi yang tepat untuk berkesinambungannya dalam tugas.

    Ia mengatakan dalam menghadapi permasalahan bangsa ini bukan hanya tugas Kementerian Pertahanan dan TNI semata, tetapi tugas seluruh komponen bangsa termasuk para siswa.

     Ia mengatakan SMA TN ini tidak hanya mengemban tugas mendidik generasi muda bangsa untuk menjadi cerdas, tetapi juga mempunyai komitmen yang melaksanakan berbagai upaya mengembangkan dan meningkatkan kompetensi lulusannya, pimpinan yang berkarakter dan memiliki ciri khas kenusantaraan dan kearifan bangsa Indonesia. (MJ-24)

Ini Menarik!

HUT ke 42, Women’s International Club Semarang Komitmen Jaga Generasi Kedepan

Share this on WhatsApp SEMARANG- Organisasi sosial Women’s International Club (WIC) Semarang terus berkomitmen untuk …

Silakan Berkomentar