Beranda JATENG RAYA METRO SOLO Masuk Tol Soker Wajib Pakai UNIK

Masuk Tol Soker Wajib Pakai UNIK

111
0
BERBAGI
Tol soker unik sragen
Bank Indoensia Cabang Soli bersama Bupati Sragen, Kusdinar Untung Yuni Sukowati mensosialisasik UNIK di CFD Sragen. (foto: metrojateng.com/MJ-25)

 

SOLO – Kantor Perwakilan Bank Indonesia Solo (KPw BI Solo) bersama PT Jasamarga Solo Ngawi (PT JSN) selaku Badan Usaha Jalan Tol (BUJT), dan Bank Penerbit Uang Elektronik (Unik) melaksanakan kampanye elektronifikasi pembayaran jalan tol di area Car Free Day, Alun-Alun Kabupaten Sragen, Minggu (11/3).

Kampanye tersebut untuk mendukung penerapan Peraturan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Republik Indonesia Nomor 16/PRT/M/2017 tentang Transaksi Tol Non Tunai di Jalan Tol yang mewajibkan pembayaran dengan non tunai per Oktober 2017. Implementasi elektronifikasi pembayaran jalan tol juga bertujuan mendukung program Gerakan Nasional Non Tunai (GNNT), program yang diprakarsai BI, dalam rangka menciptakan efisiensi perekonomian nasional.

Pimpinan Bank Indonesia Cabang Solo, Bandoe Widiarto mengatakan program tersebut berkaitan dengan peran BI sebagai otoritas sistem pembayaran, yang mengatur dan mengembangkan sistem pembayaran. Melalui kampanye tetsebut menjadi komitmen dan kesiapan bagi PT JSN dalam memberikan layanan pembayaran non tunai di jalan tol serta bagi perbankan dalam memenuhi kebutuhan Unik masyarakat.

“ Ke depan, implementasi elektronifikasi diharapkan dapat memecahkan permasalahan di jalan tol, seperti antrian yang diakibatkan lamanya transaksi secara tunai. Denngan Unik (Uang Elektronik.red) dapat menghemat waktu dari yang semula 10 detik untuk tunai, menjadi 2 detik,” jelasnya.

Kendati, Jalan Tol Solo-Kertosono baru akan diresmikan April 2018, namun kampanye sudah dilakukan sedini mungkin kepada masyarakat sejak akhir 2017 sampai dengan saat ini. Kampanye ini merupakan salah satu bentuk edukasi kepada masayarakat agar lebih siap dalam melakukan pembayaran di jalan tol dengan Unik.

Kampanye ini merupakan kegiatan yang ketiga, setelah kampanye yang diadakan pada tanggal 1 Oktober 2017 di Pintu Tol Ngasem dan Klodran serta pada tanggal 19 November 2017 di area Car Free Day, di depan Loji Gandrung.

Produm Unik dari perbankan yang bisa digunakan ke Tol Soker meliputi, E-Money dan E-Toll dari Bank Mandiri, Brizzi dari BRI, Blink dari BTN, E-Bima dari Bank Jateng, Flazz dari BCA, dan Tap Cash dari BNI.(MJ-25)