Masuk Puncak Mudik, Menhub Sebut Okupansi Kapal Nyaris 100 Persen

SEMARANG – Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyatakan tingkat keterisian penumpang (okupansi) kapal pemudik nyaris menyentuh angka 100 persen. Pasalnya, tahun ini banyak pemudik yang tertarik menggunakan jasa kapal laut untuk mendukung perjalanan pulang kampungnya ke berbagai daerah.

Menhub saat meninjau arus mudik di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang. Foto: fariz fardianto

“Khusus hari ini saya meninjau kapal pemudik yang datang dari Jakarta ke Tanjung Emas. Allhamdullilah banyak kapal yang datang. Dari apa yang saya tanya kepada mereka, saya tawarkan lagi (mudik kapal laut), semuanya rata-rata berminat lagi,” ujar Budi, saat mengecek pemudik kapal di dermaga Tanjung Emas, Semarang, Rabu (13/6).

Ia menjelaskan okupansi kapal pemudik melesat naik ketimbang situasi tahun lalu. Bila 2017 lalu dengan ketersediaan kapasitas kapalnya hanya 7.000 dengan okupansi 40 persen, maka saat ini okupansinya melonjak sampai 90 persen.

Ia bilang tingginya minat pemudik naik kapal lantaran banyaknya kemudahan yang didapat mulai lokasi istirahat yang memadai dan banyak fasilitas pendukung lainnya.

“Di kapal bisa tidur dan fresh ketika pemudik menempuh perjalanan lagi ke Solo dan daerah lainnya,” bebernya.

Untuk rencana mudik kapal tahun depan, Budi mengungkapkan Kemenhub berniat menambah daya tampung moda transportasi laut dan darat. “Darat ditambah tiga kali lipat. Laut juga tiga kali lipat sesuai kondisi yang ada,” dia menambahkan.

Ia mengatakan saat ini sedang melakukan pemetaan peningkatan arus mudik sambil diikuti perbaikan fungsi-fungsi infrastruktur jalan dan jalur laut yang ada saat ini. (far)

Anda mungkin juga berminat

Tuliskan Balasan

Alamat email Anda tetap rahasia dan tidak kami simpan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.