Malam Ini, Merapi Batuk Lagi 2 Kali

MAGELANG – Gunung Merapi di perbatasan DIY dan Jateng kembali erupsi sebanyak dua kali pada malam hari ini. Informasi dari Balai Penyelidikan dan pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG), erupsi terjadi pada pukul 20.24 WIB dengan tinggi kolom abu teramati kurang lebih mencapai ketinggian 2.500 meter di atas puncak.

Penampakan Gunung Merapi terpantau dari monitor pos pengamatan Babadan Kabupaten Magelang. (Foto: dok Pusdalops BPBD Kabupaten Magelang)

Kolom abu berwarna kelabu dengan intensitas tebal condong ke arah barat laut. Eruspi terekam seismogram dengan amplitudo maksimum 64 milimeter dan durasi 1 menit 30 detik.

Saat ini, gunung Merapi masih pada status waspada. Kegiatan pendakian sementara masih ditutup. Area yang berada pada radius 3 kilometer dari puncak gunung harus dikosongkan dari aktivitas penduduk. Masyarakat yang tinggal di KRB III tetap diminta untuk meningkatkan kewaspadaan.

Metrojateng juga menghimpun informasi dari Pusat Pengendalian Operasional (Pusdalops) BPBD Kabupaten Magelang. Terjadi letusan kedua untuk malam ini pada pukul 21.00 WIB, dengan amplitudo maksimum 29 milimeter. Kolom letusan mencapai 1.000 meter tegak lurus. Durasi letusan selama 56 detik, teramati dari pos Babadan.

Inforamasi yang kami terima menyebut wilayah Stabelan Telogo Lele Kecamatan Selo Kabupaten Boyolali saat ini diguyur hujan abu. Warga yang sore tadi sempat pulang dari pengungsian, kini kembali lagi ke Telogo Lele dan mengungsi secara mandiri.

Hingga pukul 21.00 WIB malam ini, gunung Merapi sudah mengalami erupsi untuk yang ketiga kalinya. Yang Pertama terjadi pagi pukul 08.20 WIB, menyebabkan hujan abu di tiga kecamatan di Kabupaten Magelang, seperti Ngablak, Pakis dan Sawangan. (MJ-24).

Anda mungkin juga berminat

Tuliskan Balasan

Alamat email Anda tetap rahasia dan tidak kami simpan.

3 + 7 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.