Home > JATENG RAYA > METRO SOLO > MAKI Cabut Gugatan Penanganan Kasus Eks Bupati Karanganyar

MAKI Cabut Gugatan Penanganan Kasus Eks Bupati Karanganyar

image

SEMARANG — Gugatan terkait penanganan dua lembaga hukum terhadap kasus dugaan korupsi dana Kementerian Perumahan Rakyat (Kemenpera) untuk subsidi perumahan kepada Koperasi Serba Usaha (KSU) Sejahtera tahun 2007-2008 yang menjerat mantan Bupati Karanganyar dua periode Rina Iriani Sri Ratnaningsih resmi dicabut, Rabu (13/8/2014). Masyarakat Anti Korupsi Indonesia (MAKI) mencabut gugatan perbuatan melawan hukum (PMH) kepada Kejaksaan Agung (Kejagung) dan Kejaksaan Tinggi (Kejati) Jawa Tengah.

Kuasa Hukum MAKI, Ahmad Rizal Muzaky, memaparkan surat penyataan pencabutan gugatan bernomor register perkara 179/Pdt.G/2014/PN.Smg resmi dicabut dalam sidang di Pengadilan Negeri Semarang, Rabu (13/8). “Intinya tergugat telah mendaftarkan perkara a quo di kepaniteraan Pengadilan Negeri Tipikor Semarang,” tutur Rizal kepada wartawan.

Pencabutan gugatan pasca berkas perkara kasus ini dilimpahkan ke Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Semarang pada Kamis (7/8/2014). Alasannya, pokok gugatan sudah tercapai.

Sidang mediasi gugatan ini sudah dilakukan sampai tiga kali. Kedua belah pihak, antara penggugat dan tergugat tidak menemukan titik damai. Mediasi dilakukan di Pengadilan Negeri Semarang dipimpin Ketua Majelis Hakim Anton Widiyartoni didampingi Heri
Sumanto dan Andy Subiyantadi. Dalam sidang pencabutan gugatan, Majelis Hakim langsung membuat penetapan pencabutan.

“Dalam hukum acara perdata, penggugat bisa mencabut perkaranya tanpa izin tergugat, sebelum ada acara jawaban. Namun, jika sudah ada acara jawaban, penggugat yang mencabut gugatannya harus ada ijin dari tergugat,” kata Hakim Anton dalam sidang. (MJ-09)

Ini Menarik!

Ini Bocoran Menu Pesta Pernikahan Kahiyang

Share this on WhatsAppSEMARANG – Sebuah tempat persewaan alat pesta di Semarang bernama ADA mendapat …

Silakan Berkomentar