Home > JATENG RAYA > Magelang Ancang-Ancang Sambut Proyek KSPN

Magelang Ancang-Ancang Sambut Proyek KSPN

Candi Borobudur

 

MAGELANG – Pemerintah Kota Magelang melakukan berbagai persiapan untuk menyambut proyek Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN). Kota ini merupakan salah satu wilayah terdampak proyek nasional tersebut lantaran Candi Borobudur. Wilayah lain adalah Kabupaten Jepara dengan Karimunjawa dan Kabupaten Sragen dengan Sangiran.

Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Kota Magelang, Arif Barata Sakti mengatakan, perlu adanya kajian strategis potensi dan peluang apa saja yang bisa ditangkap. “Jangan sampai ketika pembangunan infrastruktur sudah jadi, Kota Magelang menjadi kebingunan sendiri,” ujarnya di sela forum diskusi bertajuk “Kajian Strategis Potensi dan Peluang Daerah” di Magelang pada 11-12 November 2017.

Yang perlu diperhatikan, kata Arif, adalah implikasi pembangunan infrastruktur strategis nasional di wilayah Kabupaten/Kota dalam proyek KSPN itu. Infrastruktur yang rencananya akan dibangun diantaranya adalah pembangunan jalan tol dari Semarang menuju Yogyakarta.

“Jalan tol ini exitnya nanti akan menuju ke Borobudur,” terangnya.

Selain itu ada pembangunan bandara di Kulonprogo Daerah Istimewa Yogjakarta (DIY), kemudian Badan Otoritas Borobudur (BOB). Semua itu dibangun dalam rangka meningkatkan kunjungan wisatawan ke Borobudur.

Menurut Arif, dirasa perlu untuk berkonsolidasi dengan Provinsi Jawa Tengah karena proyek tersebut melibatkan kabupaten/kota lain. “Nanti akan ada kajian khusus untuk wilayah Kota Magelang,” kata Arif.

Dalam forum diskusi tersebut pihaknya berupaya mencari tahu rencana-rencana dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Kementerian Pariwisata, dan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah. “Setelah mengetahui rencana-rencana tersebut, maka akan segera dikaji dan disusun rencana tindak,” lanjut Arif.

Anggota Dewan Riset Daerah Kota Magelang, Retno Rusdjijati mengatakan Kota Magelang memiliki potensi wisata yang cukup beragam.Yakni wisata alam seperti Gunung Tidar, wisata buatan antara lain Taman Kyai Langgeng, Alun-alun, Badaan, Pecinan, Kebun Bibit, Borobudur Golf, pusat-pusat kuliner, pasar Rejowinangun dan Gotong Royong.

Juga wisata budaya, seperti museum BPK, museum OHD, Prasasti Mantyasih, Grebeg Gethuk, Topeng Ireng dan Jathilan. “Tinggal bagaimana pemerintah Kota Magelang dan masyarakatnya mengembangkan potensi-potensi itu untuk menyambut KSPN Borobudur,” tutur Retno. (MJ-24).

 

Ini Menarik!

Pasar Klitikan Rampung, PKL Bantaran BKT Harus Pindah Mulai Januari

Share this on WhatsApp SEMARANG – Pasar Klitikan di Penggaron telah selesai dibangun Pemerintah Kota …

Silakan Berkomentar