Home > JATENG RAYA > METRO SEMARANG > Luapan Sungai Kendal Ancam Permukiman Warga

Luapan Sungai Kendal Ancam Permukiman Warga

 

Luapan Sungai Kendal menggenangi permukiman warga di empat kelurahan. Foto Metrojateng
Luapan Sungai Kendal menggenangi permukiman warga di empat kelurahan. Foto Metrojateng

KENDAL – Hujan yang mengguyur Kabupaten Kendal Selasa (16/12) malam hingga Rabu (17/12) dinihari mengakibatkan Sungai Kendal meluap dan merendam empat kelurahan diKecamatan Kota Kendal. Ketinggian air bervariasi antara 30 centimeter hingga setengah meter, akibat banjir ini aktivitas warga terganggu termasuk siswa yang hendak berangkat sekolah.

Air luapan sungai Kendal sudah terjadi sejak Rabu dinihari sekitar pukul 4 pagi, akibat guyuran hujan selama semalam. Luapan sungai ini merendam permukiman warga dan menggenangi jalan sehingga mengganggu aktivitas warga yang hendak berangkat kerja dan siswa yang ke sekolah.

Ketinggian air di sejumlah permukiman berkisar antara 30 centimeter hingga setengah meter, namun demikian belum ada laporan korban akibat banjir luapan sungai Kendal ini. Kondisi air di sungai Kendal sendiri sudah meluber ke jalan akibat wilayah Kendal atas diguyur hujan deras.

Banjir terjadi di empat kelurahan di Kecamatan Kota Kendal, yakni Kelurahan Pegulon, Patukangan, Ngilir dan Pekauman. Menurut warga, kondisi sungai yang dangkal dan penuh endapan lumpur mengakibatkan sungai tidak kuat menampung kiriman air dari wilayah atas.

Air kemudian meluap, hingga ke perkampungan dan masuk ke dalam rumah warga. “Warga kesulitan beraktivitas karena jalan didepan rumah terendam, siswa yang hendak ke sekolah juga terpaksa melepas sepatu dan menerjang banjir,” kata  Sutrisno, warga Patukangan.

Banjir di Kota Kendal ini kerap terjadi saat hujan deras mengguyur wilayah Kendal atas. Air luapan sungai Kendal juga merendam sekitar alun-alun Kendal dan jalan masuk ke kompleks perkantoran Pemerintah Kabupaten Kendal. (MJ-01)

Ini Menarik!

Mensyukuri Toleransi di Semarang Bersama Para Pemulung

Share this on WhatsApp SEMARANG – Aktivitas salah satu Guru Besar Universitas Katolik (Unika) Soegijapranata, …

Silakan Berkomentar