Lomban dan Grebeg Ketupat Lepet Meriahkan Syawalan di Jepara

JEPARA – Tradisi lomban di Kabupaten Jepara menjadi magnet tersendiri bagi wisatawan. Tradisi larung kepala kerbau di tengah laut ini selalu mendapat antusias tinggi dari masyarakat maupun wisatawan luar daerah.

Warga berebut gunungan ketupat lepet di Pantai Kartini. Foto: metrojateng.com

Kepala kerbau dengan sesaji dan hasil bumi ditaruh di sebuah kapal berukuran mini dibaaa ke tengah laut untuk dilarung. Ratusan kapal mengikuti tradisi ini.

Pelarungan sesaji kepala kerbau dilakukan langsung oleh Bupati Jepara, Ahmad Marzuqi. Sesaji yang juga berisi hasik bumi tersebut menjadi rebutan sejumlah masyarakat yang mengikuti ke tengah laut.

Tak kalah menarik, gerebek ketupat lepet juga mengundang ratusan warga rela untuk berebut makanan khas lebaran tersebut. Gerebek ketupat lepet dilaksanakan di Pantai Kartini usai pelarungan kepala kerbau.

Bupati Jepara, Ahmad Marzuqi menuturkan bahwa lomban merupakan tradisi rutin dilaksanakan tiap lebaran ketupat, sebagai ungkapan syukur masyarakat atas keberkahan yang diterima.

“Selain itu upaya doa supaya tuhan selalu melimpahkan keselamatan dan rejeki,” ujarnya kepada wartawan, Sabtu (23/6).

Sementara, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Jepara, Basuki Wijayanto menambahkan, pihaknya akan terus berinovasi untuk menarik wisatawan.

“Tradisi lomban itu sekaligus menjadi potensi wisata di Jepara. Sehingga kami selalu mencoba berinovasi menjadi lebih indah, menarik tanpa mengurangi esensinya,” pungkas dia.(MJ-23)

Anda mungkin juga berminat

Tuliskan Balasan

Alamat email Anda tetap rahasia dan tidak kami simpan.

− 1 = 6

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.