Home > JATENG RAYA > METRO MURIA > Listrik Tenaga Surya Menerangi Siswa SDN Karimunjawa 01

Listrik Tenaga Surya Menerangi Siswa SDN Karimunjawa 01

 

Foto Metro/dok hellokarimunjawa
Foto Metro/dok hellokarimun

KARIMUNJAWA – Krisis listrik yang terjadi di Kepulauan Karimunjawa berdampak cukup besar terhadap proses belajar mengajar siswa. Tidak tersedianya listrik di siang hari menyebabkan kondisi lingkungan pendidikan—pada khususnya—kurang memadai. Tapi, kini permasalahan itu sudah bisa teratasi, sejak turunnya hibah dari Jepang berupa Power Supply Container Panasonic.

Bantuan dari Jepang untuk Karimunjawa berupa Power Supply Container, yaitu paket listrik tenaga surya yang dapat digunakan pada daerah tanpa akses listrik. Power Supply Container berisi modul surya dan lead-acid battery, serta Unit Pengontrol Pasokan Energi (Power Supply Container Unit) yang telah dikembangkan sebagai sistem manajemen energi.

Panasonic mendukung program Grassroots Human Security Projects dari Jepang dengan menyediakan Power Supply Container yang dikembangkan Panasonic sebagai sumber tenaga listrik ke SDN Karimunjawa 01. Selain untuk meningkatkan mutu fasilitas dan lingkungan sekolah melalui penyediaan listrik untuk perangkat elektronik seperti lampu dan kipas angin, instalasi ini juga berfungsi sebagai sumber daya alat-alat pendidikan seperti komputer, proyektor dan televisi.

Matahari dapat membawa kemajuan untuk Indonesia. Seperti di Karimunjawa yang sebelumnya kekurangan tenaga listrik, kini didukung oleh Power Supply Container. Sebuah inovasi solar panel untuk mengubah sinar matahari menjadi energi yang disimpan dalam baterai daya, sehingga dapat menyalakan fasilitas pendidikan yang lebih layak dan maju. Kini matahari bisa menyinari pendidikan di Karimunjawa. (*)

Sumber: hellokarimun

 

 

Ini Menarik!

Mustofa Menanti-Nanti Rekomendasi

Share this on WhatsApp    MAGELANG – Bupati Kudus, Musthofa masih  terus berikhtiar untuk bisa …

Silakan Berkomentar