Home JATENG RAYA Liburan Murah ke Gunung Kidul

Liburan Murah ke Gunung Kidul

30
0
SHARE
sumber:henisulistyawati.web.ugm.ac.id foto: Pantai Nglambor

 

DAHULU, Gunungkidul kalah menarik dibandingkan dengan kawasan Merapi atau jalanan Malioboro sebagai tempat wisata populer di Yogyakarta. Namun, karena semakin banyaknya Traveler menjelajahi bagian Selatan Yogyakarta, Gunungkidul pun mulai memunculkan keindahan wisatanya.

Cara untuk mencapai tempat-tempat indah di Gunungkidul ini pun sangat mudah. Berbekal tiket pesawat murah yang ditawarkan berbagai macam penerbangan menuju Yogyakarta adalah pilihan yang tepat.

Setelah tiba di Yogyakarta, perjalanan pun bisa dilanjutkan menuju Gunungkidul dengan meneywa mobil. Seperti apa serunya keindahan wisata di Gunungkidul ini sebenarnya?

Berikut beberapa pilihannya:

 

  1. Jelajah gua Kalisuci

Gua Pindul adalah salah satu tempat wisata pertama yang melambungkan nama Gunungkidul sebagai salah satu tempat wisata populer di Yogyakarta. Namun, selalin gua Pindul, terdapat satu gua lagi yang tidak kalah seru untuk dijelajahi.

Namanya adalah gua Kalisuci. Di tempat ini wisatawan dapat menelusuri aliran sungai yang berada di dalam gua bawah tanah dengan menggunakan sebuah ban besar yang disediakan oleh pihak pengelola wisata.

Aliran airnya cukup tenang dan jernih, ditambah dengan suasana yang cukup menguji nyali karena wisatawan aka diajak bertualang menyusuri lorong gelap dalam gua.

 

  1. Menyelami keindahan bawah laut Pantai Nglambor

Pantai Baron, Kukup dan Krakal bisa disebut beberapa pantai yang cukup populer di Gunungkidul pada pertengahan tahun 2000-an. Namun, seiring perjalanan waktu, pantai-pantai baru bermunculan di kawasan Gununkidul.

Salah satunya adalah pantai Ngalmbor yang terletak di Desa Purwodadi, Gunungkidul. Serunya lagi, pantai Nglambor diapir oleh dua pantai baru lainnya yaitu Pantai Joga dan Pantai Siung.

Lalu, apa keunikan dari pantai Ngalambor dibandingkan dengan dua pantai yang mengapitnya? Jawabannya adalah karena wisatawan dapat melakukan kegiatan seperti berenang hingga snorkeling untuk menikmati keindahan bawah laut.

Jika beruntung, wisatawan bisa bertemu dengan beberapa penyu yang juga sedang berenang di sekitar pantai ini.

Sudah puas menikmati keindahan bawah lautnya? Lanjutkan petualangan dengan mencari kulit kerang dengan berjalan melewati satu gugusan karang menuju karang lainnya.

 

  1. Menelusuri keindahanan karang-karang di Pantai Jungwok
sumber:eksotisjogja.com

 

Pantai berikutnya yang tergolong baru sebagai tempat wisata di Gunung Kidul adalah Pantai Jungwok.

Bahkan pantai ini masih sangat jarang dikunjungi oleh wisatawan. Jadi, bagi yagn masih penasaran ingin liburan seperti apa selama di Gunungkidul maka mengunjungi pantai Jungwok adalah pilihan tepat.

Keunikan dari pantai ini adalah karena berada di bebatuan karang. Nah, untuk menikmati keindahan pantai ini, setiap wisatawan harus melakukan perjalanan dari pantai Wediombo. Meskipun terkesan melelahkan, namun melewati satu pantai dna menikmati satu pantai dalam satu waktu sekaligus tentunya akan membuat hati menjadi sangat senang.

Sesampainya di pantai Jungwok, wisatawan bisa melihat langsung panorama luat selatan Jawa, dan tentu saja sebuah sumber mata air yang mengarah langsung ke laut lepas.

Masih penasaran? Buruan pesan tiket pesawat murah ke Yogyakarta dan lanjutkan perjalanan menuju Gunungkidul ya.

 

  1. Embung diatas bukit, Nglanggeran

Pernah melihat sebuah embung yang ditempatkan di atas bukit? Hingga saat ini Embung Nglanggeran bisa dibilang satu-satunya di Yogyakarta. Embung yang tujuan awalnya adalah sebagai sarana pengairan untuk kebun buah milik masyarakat sekitar kini berubah menjadi tempat wisata.

Embung ini menampung jumlah air yang sangat besar, dan warnanya biru jernih yang membuat siapa pun yang datang ke tempat ini untuk merasakan kesegaran alami sebuah wisata buatan yang dikelola pemerintah dan warga setempat.

Embung ini memiliki beberapa fasilitas penunjang seperti pendopo hingga warung yang menjajakan panganan ringan dan dapat dinikmati bagi siapa saja yang berkunjung ke tempat ini.

Waktu yang tepat untuk mengunjungi tempat ini adalah saat musim kemarau dan saat matahari terbenam. Hal ini untuk melihat pantulan sinar matahari tenggelam menuju birunya air di embung Nglanggeran.

Selain itu, berburu sunset juga tepat saat wisatawan melihat langsung karang-karang dan tebing-tebing dari tempat wisata Gunung Api Purba dari kejauhan.

 

  1. Melihat keindahan tiga pantai dai Bukit Kosakora

Jika bukit bintang sudah terlalu ramai dikunjungi oleh wisatawan untuk menikmati panorama kota Yogyakarta, cobalah untuk menjejakkan kaki di bukit Kosakora.

Bedanya, panorama yang ditawarkan dari tempat wisata ini adalah pemandangan luas tiga pantai Gunung Kidul. Mulai dari pantai Ngrumput, Drini, Kukup dan Baron bisa dilihat langsung dari bukit Kosakora.

Dengan berbagai macam daya tarik wisata yang ada di Gunungkidul, tidak ada salahnya untuk menyempatkan diri untuk melihat langsung keindahan alam yang ditawarkan. Bila sedang berlibur ke Yogyakarta, obyek wisata tersebut bisa menjadi alternatif apabila ingin merasakan suasana yang lebih tenang dan tentunya dekat dengan alam. (red)

iklan dprd