Beranda JATENG RAYA METRO SOLO Lebaran, Dishub Solo Perdiksi 8,1 Juta Kendaraan Masuk Solo

Lebaran, Dishub Solo Perdiksi 8,1 Juta Kendaraan Masuk Solo

19
0
BERBAGI

SOLO – Jelang arus mudik Lebaran 2018, Dinas Puerhubungan (Dishub) Kota Solo memprediksi jumlah kendaraan yang masuk ke Solo akan meningkat sebanyak 3 persen. Jumlah tersebut meningkat bila dibandingkan dengan Lebaran sebelumnya sekitar 0,98 persen atau sebanyak 7,9 juta kendaraan.

mudik solo
Pemasangan RPPJ di persimpangan Faroka, Laweyan, Solo. (Foto: metrojateng/MJ-25)

“Tahun ini ada sekitar 8,1 juta kendaraan yang kita perkirakan masuk Solo pada saat arus mudik Lebaran,” ujar Kepala Bidang Lalu Lintas Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Solo, Ari Wibowo, saat ditemui disela-sela pemasangaan rambu pendahulu petunjuk jurusan (RPPJ) di simpang tiga Faroka, Laweyan, Solo, Sabtu (2/6).

Untuk mengatasi pemudik supaya tidak melintasi jalur kereta api sebidang di Manahan yang saat ini sedang dalam tahap pembangunan proyek Overpass, Dishub melakukan pemasangan RPPJ yang tersebar di beberapa titik.

“RPPJ kita pasang mulai dari ujung masuk hingga batas keluar kota Solo. Supaya pemudik yang pulang kampung melintasi Solo tidak kebingungan menuju tempat tujuan,” ujarnya.

Pemasangan rambu berukuran 2 x 1 meter bertujuan untuk mengarahkan pemudik, baik yang menggunakan roda dua maupun roda empat supaya tidak kebingungan atau tersesat ketika pulang ke kampung halaman. Pemasangan rambu tersebut hanya diikatkan dengan pohon maupun tiang, kali ini dibuat semi permanen dengan cara dicor. (MJ-25)