Beranda JATENG RAYA Larangan Membawa Power Bank di Pesawat, Tenant Bandara Adi Soemarmo Turut Kena...

Larangan Membawa Power Bank di Pesawat, Tenant Bandara Adi Soemarmo Turut Kena Razia

68
0
BERBAGI
Petugas sedang melakukan pengecekan pesawat di Bandara Internasional Adi Soemarmo, Solo. (foto: metrojateng.com/MJ-25)

 

BOYOLALI – Airport Operation and Services Department Head Angkasa Pura Bandara Adi Soemarmo, Purwanto, memaparkan bila aturan membawa power bank ke dalam pesewat di Bandara Internasional Adi Soemarmo, Solo telah berlaku di bandara tersebut sejak 2 hari lalu, Selasa (13/3). Untuk menegakkan aturan tersebut, setiap penumpang menjalani pemeriksaan sebanyak tiga kali sebelum memasuki pesawat.

“Tak hanya para penumpang, tenant-tenant yang ada di bandara langsung kami sweeping. Tujuannya tak ada yang menjual power bank,” ujarnya

Purwanto menjelaskan seorang penumpang maksimal penumpang membawa power bank sebanyak 2 buah, dengan total daya maksimal 160 Wh (Watt-hours). Hingga saat ini, pihaknya belum menemukan penumpang yang membawa lebih dari dari ketentuan yang ada. Apabila, pihaknya menemukan power bank di atas 20 ribu mAh, maka petugas bandara akan menyita, dan penumpang wajib membuat berita acara.

“Powerbank yang dibawa harus di bawah batas ketentuan yang diperbolehkan. Batasnya 160Wh apabila dikonversikan ke mAh menjadi sekitar 20.000 mAh,” jelasnya.

Sementara itu, salah seorang penumpang Hermawati (32) menaklumi apa yang dilakukan oleh pihak bandara dengan melakukan screening check point sebanyak tiga kali. Menurutnya keselamatan penerbangan dan penumpang yang terpenting baginya.

“ Kebetulan gak pernah bawa power bank yang melebihi batas tersebut, biasanya bawa yang 10.000 mAh aja, itu pun bisa dipakai berkali-kali. Jadi ya biasa aja dan kalau terbang handphone juga off,” ungkapnya.

Pemerintah Indonesia, melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melarang penumpang membawa power bank ke dalam pesawat. Larangan tersebut, tertuang dalam surat edaran nomor 15 tahun 2018 tentang ketentuan membawa pengisi baterai portabel dan baterai lithium cadangan pada pesawat udara, yang berlaku mulai 9 Maret 2018 di sejumlah bandara di Indonesia. (MJ-25)