Kwarcab Banyumas Sabet 5 Penghargaan Jambore Daerah SD/MI

BANYUMAS- Kontingen Kwartir Cabang Banyumas menyabet 5 Penghargaan pada arena Jambore Daerah (Jamda) SD/MI ke 4 Tingkat Jawa Tengah Tahun 2018. Gelaran Jamda SD/MI tersebut berlangsung Senin hingga Jumat (2-6/7) di Bumi Perkemahan Munjuluhur Purbalingga. Perhelatan Jambore yang dibuka Wakil Gubernur Jawa Tengah Heru Sudjatmoko, diikuti oleh seluruh perwakilan 35 Kwartir Cabang di Jateng.

Kontingen Kwarcab Banyumas menerima trofi penghargaan pada arena Jambore Daerah (Jamda) SD/MI ke 4 Tingkat Jawa Tengah Tahun 2018, yang berlangsung Senin-Jumat (2-6/7) di Bumi Perkemahan Munjuluhur Purbalingga. Foto: metrojateng.com

Sekretaris Bidang Bina Muda Kwarcab Banyumas Handoko Wahyu mengatakan, selain sebagai ajang menjalin tali silaturahmi serta berbagi pengalaman antar penggalang. Kegiatan ini juga sebagai ajang untuk membentuk sumber daya manusia yang hebat.

”Pembentukan karakter generasi muda harus harus dimulai sejak dini, dan kegiatan Jamda ini sebagai salah satunya,” ujarnya.

Dia menyebutkan, kelima penghargaan yang diraih Kwarcab Banyumas yakni, juara 1 putri penggalang hebat atas nama Regu Melati Srikandi MI Ma’arif NU Pageraji Cilongok, Juara 3 Putri Penggalang Hebat atas nama Regu Melati Srikandi SDN 1 Sokawera.

“Kemudian, juara 3 K3 Perkemahan Putra, juara 3 Penjelajahan Putra atas nama Regu Rajawali SDN 1 Tambak Sogra dan juara 1 Putri Resensi Film atas nama Syifa Arifatul Laela  Regu Melati Srikandi MIMA NU 1 Pageraji Cilongok,” katanya.

Ketua Kwartir Daerah Jawa Tengah, S Budi Prayitno mengatakan, Jamda bisa dikatakan miniaturnya kehidupan, dan bagian dari tantangan karakter. Semua akan dialami di masa dewasa mereka nanti,

“Ada toleransi, peduli, mawas diri, membantu kawan, mencoba mengelola sesuatu karena tebatas, serta harus berbagi,” jelasnya.

Menurutnya, ini bagian dari proses pendidikan, jangan dipandang sebagai kekurangan semata, memang semua itu sengaja didesign sebagai bagin dari Implementasi Dasa Dharma.

“Diharapkan, dalam interaksi sosial bermasyarakat, mereka akan memiliki jiwa kesalehan yang baik. Untuk mereka pribadi akan terdidik jiwa hemat, cermat dan bersahaja, karena semua serba terbatas,” pungkasnya. (MJ-27)

Anda mungkin juga berminat

Tuliskan Balasan

Alamat email Anda tetap rahasia dan tidak kami simpan.

18 − 12 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.