Home > METROJATENG PLUS > Kunyit, Rimpang Kuning Sahabat Kulit

Kunyit, Rimpang Kuning Sahabat Kulit

image

KUNYIT, si rimpang kuning yang biasa digunakan sebagai bumbu masak, ternyata menyimpan banyak manfaat untuk kulit.

Sebagaimana dikutip dari Intisari Online, masker yang terbuat dari kunyit terbukti dapat mengurangi tanda-tanda penuaan seperti kerutan wajah. Caranya, campurkan kunyit yang telah diparut halus dengan tepung pada perbandingan yang sama. Tambahkan sedikit air agar campuran kunyit dan tepung berbentuk seperti pasta. Lalu oleskan pada wajah, leher dan lengan, tunggu hingga mengering.

Setelah kering, gosok masker dengan gerakan melingkar. Lalu basuhlah dengan air hangat. Untuk hasil maksimal, lakukan dengan rutin seminggu sekali.

Selain itu, kunyit juga dapat mengurangi jerawat. Sebab kunyit mengandung zat antibakteri dan antiseptik yang berperan mengontrol pengeluaran minyak pada kulit, serta menyamarkan noda bekas jerawat.

Untuk mendapatkan manfaat ini, campurkan kunyit, bubuk cendana, dan sedikit perasan lemon. Oleskan sebagai masker, biarkan kering, dan bilas dengan air dingin. 

Bagi Anda yang hobi berpetualang di alam terbuka, kunyit bisa jadi sahabat Anda untuk mengurangi efek kulit yang terbakar sinar matahari.

Caranya, campur kunyit dengan sari mentimun, lalu oleskan pada kulit yang gosong. Pijat dengan lembut, dan diamkan selama sekitar setengah jam sebelum dibilas. Lakukan hal ini secara rutin untuk mendinginkan kulit dan mengurangi efek kulit gosong akibat terpapar sinar UV.

Jika masalah Anda terletak pada tumit kaki yang kasar dan pecah-pecah, oleskan campuran minyak kelapa dan kunyit sebelum tidur, lalu bungkus kaki dengan kaus kaki agar ramuan terserap sempurna di kaki.

Untuk merasakan manfaat maksimal dari kunyit, ada baiknya Anda rutin mengonsumsi sari kunyit atau kunyit asam bikinan sendiri. Selain mempercantik kulit, tubuh pun jadi langsing dan bebas bau badan. (ren)

Ini Menarik!

Lakukan Olahraga Ini Agar Terhindar dari Oestoporosis

Share this on WhatsApp    APAKAH anda menggemari olahraga jogging, bersepeda, berenang? Atau olahraga lain …

Silakan Berkomentar