Beranda JATENG RAYA METRO KEDU KSAD Bekali Calon Perwira di Akmil Magelang

KSAD Bekali Calon Perwira di Akmil Magelang

296
0

MAGELANG – Kepala Staf Angkatan Darat  (KSAD) Jenderal TNI Mulyono mengingatkan bahwa berakhirnya masa pendidikan di Akmil merupakan awal penugasan dan pengabdian yang sesungguhnya sebagai Perwira TNI AD. Keberhasilan tugas akan ditentukan oleh tekad dan integritas yang kuat serta kemampuan beradaptasi dengan dinamika lingkungan tugas.

KSAD Jenderal TNI Mulyono saat memberikan ceramah kepada taruna di gedung Lily Rochli Akmil, Magelang, Senin (9/7). Foto: ch kurniawati

“Tantangan tugas kedepan semakin berat dengan isu strategis yang perlu terus diwaspadai, diantaranya peredaran dan penyalahgunaan narkoba, radikalisme dan terorisme,” kata KSAD saat memberikan ceramah pembekalan kepada 225 Taruna/Taruni Akmil Tingkat IV, di gedung Lily Rochli, Senin (9/7).

Para taruna ini sebentar lagi akan dilantik menjadi Perwira Remaja TNI AD. Kasad juga menyebutkan, tantangan bagi Perwira Muda adalah TNI AD hanya membutuhkan pemimpin yang andal dan kompeten dengan didukung moralitas, dedikasi, loyalitas, pengetahuan, kesegaran jasmani dan kepribadian yang baik.

Kepemimpinan adalah suatu proses untuk mempengaruhi tingkah laku orang lain supaya mau mengikuti apa yang diinginkan oleh pemimpin dalam rangka mencapai tujuan bersama.

Kasad minta agar taruna harus membekali diri dengan karakter pribadi yang kuat, ilmu pengetahuan, serta kesegaran jasmani yang prima agar mampu menjadi perwira yang baik. “Siapkan diri dan satuanmu dengan disiplin, jago perang, jago menembak, jago beladiri dan fisik yang prima,” harapnya.

Ia juga meminta agar taruna menanamkan niat menjadi perwira untuk memberikan yang terbaik kepada satuan. Menjadi pemimpin jangan hanya mendompleng nama besar satuan, tetapi harus menjadi pemimpin yang kreatif dan inovatif.

“Belajarlah dengan atasan, rekan maupun bawahan, memahami dengan baik tugas dan karakter satuan serta menyelesaikan tugas yang diberikan dengan baik dan benar. Sayangi prajurit dan keluarganya dengan hati dan pikiran. Asahlah hati dan pikiran untuk bagaimana memimpin prajurit dan satuan dengan baik,” harapnya.

Hadir dalam acara tersebut, Dankodiklat, Danjen Akademi TNI, Irjenad, Pangdam IV/Dip, Danjen Kopasus, Danseskoad, Kaskostrad, Danpuscabfung, Kabalakpus, Dansecapa, Danrem 072/PMK dan para Distribusi Akademi Militer. (MJ-24)