Home > JATENG RAYA > METRO KEDU > Kreatif, Korban Erupsi Merapi Bikin Peyek Pare hingga Abon Lele

Kreatif, Korban Erupsi Merapi Bikin Peyek Pare hingga Abon Lele

image
Beberapa kreasi warga korban erupsi Merapi. Foto Metrojateng

MUNGKID– Korban erupsi Gunung Merapi dan banjir lahar dingin di Kabupaten Magelang sudah pulih. Bahkan, kini mereka memiliki berbagai usaha kreatif.

Hal itu dapat dilihat dari Temu Usaha Membangun Sinergi dan Channeling Pengembangan Usaha Mikro Warga Terdampak Erupsi Merapi 2010 dan Banjir Lahar Dingin. Kegiatan diselenggarakan oleh tim Rehabilitasi dan Rekonstruksi Masyarakat dan Permukiman Berbasis Komunitas (Rekompak) Kementerian Pekerjaan Umum di Ballroom Grand Artos Aerowisata, Kabupaten Magelang, Rabu (3/9).
   
Salah satu karya kreatif yang dihasilkan adalah peyek pare. Sayuran pahit yang tak banyak disukai orang. Namun di tangan korban bencana banjir lahar dingin di Desa Sukorini, Kecamatan Muntilan, Kabupaten Magelang rasanya jadi gurih dan enak. 
     
Selain itu, ada puluhan produk makanan yang dipamerkan, di antaranya abon lele dan bakso lele dari Desa Ngrajek Kecamatan Mungkid Kabupaten Magelang, enting-enting jahe dan permen tape dari Desa Sirahan Kecamatan Ngluwar Kabupaten Magelang hingga kripik buncis dan pangsit wortel dari Kecamatan Selo Kabupaten Boyolali. Ada juga berbagai jenis pepes kreasi warga Mungkid.
     
Menurut Teguh Muhammad Abduh, Tim Leader Advisory Project Management Unik Rekompak Kementrian PU, seluruh produk yang dipamerkan tersebut merupakan hasil kreasi warga hunian tetap  (huntap) yang sebelumnya terdampak erupsi merapi tahun 2010 dan lahar dingin di wilayah. Kabupaten Magelang dan Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah.
     
Selain pameran produk, kata Teguh, kegiatan ini juga diisi dengan diskusi serta mempertemukan  para pelaku usaha mikro  dari warga huntap dan sekitarnya dengan para pengusaha dan asosiasi pengusaha yang dapat menjadi mitra dalam pengembangan kualitas dan pemasaran. (MJ-14)

Ini Menarik!

Tingkatkan Produktivitas Usaha Mikro, Bank Jateng Siap Gelar IIMF

Share this on WhatsApp SEMARANG – Bank Jateng bersama Pemerintah Provinsi Jawa Tengah siap menggelar …

Silakan Berkomentar