Home > JATENG RAYA > KPU Semarang Buka Pendaftaran Parpol Peserta Pemilu 2019

KPU Semarang Buka Pendaftaran Parpol Peserta Pemilu 2019

SEMARANG – KPU Kota Semarang membuka pendaftaran partai politik (parpol) peserta pemilu legislatif tahun 2019. Pendaftaran sudah mulai dibuka sejak tanggal 3 hingga 16 Oktober nanti.
Ketua KPU Kota Semarang Henry Wahyono mengatakan, partai politik yang telah terdaftar di Kementerian Hukum dan HAM diharapkan bisa segera mendaftar ke KPU. Pihaknya telah memberikan sosialisasi dan Bimbingan Teknis kepada seluruh partai politik yang  terdaftar di Kementerian Hukum dan HAM terkait keikutsertaan dalam pelaksanaan pemilu legislatif tahun 2019 tersebut.
“Ada beberapa point penting yang harus diketahui para pengurus parpol, sesuai ketentuan UU 173 pasal 3 yakni Verifikasi dilakukan kepada seluruh partai politik. Sedangkan untuk verifikasi faktual, kantor parpol hingga kepengurusan hanya diberlakukan bagi partai yang belum mengikuti pemilu 2014 lalu”, terangnya, Rabu (4/10).
Henry menjelaskan, aturan lain tentang Pemilu Legislatif yakni UU no 7 tahun 2017 tentang jumlah kuota kursi di DPRD Kota Semarang terkait perpindahan jumlah penduduk. Dari jumlah penduduk Kota Semarang 1.650.000 orang diwakili 50 kursi, maka satu kursi di parlemen Kota Semarang mewakili 33 ribu orang.
“Parpol yang sudah terdaftar di Kemenkumham RI diharapkan dapat segera ke KPU untuk kita proses dan berikan bintek, kami tunggu sampai 16 Oktober”, jelasnya.
Dia menuturkan, sudah melaksanakan audiensi dengan pimpinan DPRD kota Semarang dan seluruh anggota Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompinda) untuk dapat mendukung KPU menyukseskan pelaksanaan pemilu di Kota Semarang.
“Apalagi di tahun 2018, KPU juga akan melaksanakan pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Tengah dan pemilihan umum serentak di tahun 2019 yakni pemilihan DPD, DPR RI, DPRD, dan Pemilihan Presiden”, katanya. (duh)

Ini Menarik!

Menikmati Desa dari Bangunan Kolonial Hotel Garuda

Share this on WhatsApp   BERADA tak jauh dari Gunung Telomoyo, Hotel Garuda yang merupakan …

Silakan Berkomentar