Beranda JATENG RAYA KPU Libatkan BNN untuk Tes Narkoba Paslon Gubernur-Cawagub Jateng

KPU Libatkan BNN untuk Tes Narkoba Paslon Gubernur-Cawagub Jateng

32
0
BERBAGI
Komisi Pemilihan Umum

SEMARANG – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Tengah mulai hari ini, Senin (8/1), membuka pendaftaran bakal calon gubernur dan wakil gubernur untuk proses Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jateng tahun ini. Tim KPU kali ini melibatkan petugas Badan Narkotika Nasional (BNN) untuk menggelar tes narkoba bagi pasangan calon yang mendaftar sampai Rabu 10 Januari nanti.

Menurut Ketua KPU Jawa Tengah, Joko Purnomo, pelibatan petugas BNN dimaksudkan agar masyarakat bisa mendapatkan pasangan calon yang memenuhi persyaratan undang-undang, termasuk kelayakan pemeriksaan kesehatan sampai keabsahan serta kelengkapan administrasi pencalonan.

“Maka dari itu, kita sudah menyiapkan personel keamanan (TNI/Polri), ditambah petugas-petugas medis dari Ikatan Dokter Indonesia (IDI), himpunan psikolog, BNN untuk melakukan pemeriksaan kesehatan dan admimistrasi terkait pencalonan gubernur dan wakil gubernur,” ungkap Joko, saat berada di kantornya, Jalan Veteran Semarang.

Pendaftaran selama tiga hari tersebut, kata Joko, akan dibuka tiap pukul 08.00 WIB-16.00 WIB sore. Namun, khusus pada hari terakhir pendaftaran atau Rabu 10 Januari, prosesnya akan dilayani lebih lama mulai pukul 08.00 WIB-00.00 WIB dini hari.

“Pada Senin dan Selasa pendaftaran pasangan calon dibuka tiap pukul 08.00-16.00 WIB sore. Sedangkan, khusus Rabu diperpanjang sampai pukul 00.00 WIB dini hari,” jelasnya. Ia telah menyampaikan ke semua petinggi parpol tingkat Provinsi Jateng untuk menghadiri acara pembukaan pendaftaran peserta Pilgub pada hari ini.

Sebab, pihaknya ingin menyosialisasikan tata cara mekanisme dan kelengkapan dokumen yang harus dibawa saat mendaftarkan pasangan calon. Pihaknya kini juga telah berkoordinasi dengan Bawaslu guna bersama-sama mengawal proses pencalonan peserta Pilgub sampai tuntas.

“Bersama Bawaslu, kami akan meningkatkan monitoring dalam proses pendaftaran pasangan calon,” tandasnya. (far)