KPU Kendal Temukan Bercak Tinta dan Surat Suara Sobek

KENDAL – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kendal menargetkan pelipatan surat suara pemilihan Gubernur Jawa Tengah akan selesai dalam empat hari. Pada hari pertama pelipatan, Rabu (23/5) kebanyakan surat suara rusak akibat bercak tinta.

Surat suara Pemillihan Gubernur Jawa Tengah mulai dilipat di KPU Kendal, Rabu (23/5). Foto: edi prayitno

Sebanyak 776.934 surat suara yang diterima KPU Kendal mulai dilipat oleh tenaga pelipat yang berasal dari warga sekitar. Pelipatan surat suara ini melibatkan 110 warga dan diawasi petugas KPU Kendal dan Panwaslu Kabupaten Kendal.

Sekretaris  KPU Kendal, Sumaryatmo mengatakan pengiriman surat suara  tidak sesuai dengan jadwal. “Namun demikian KPU menargetkan akan selesai dalam waktu empat hari,” katanya.

Tenaga pelipat surat suara diawasi ketat petugas KPU Kendal agar jumlah surat suara yang dilipat dan rusak sesuai dengan yang diambil dari gudang. Sumaryatmo menambahkan kebanyakan surat suara yang rusak di hari pertama ini terdapat bercak tinta.

“Kita  akan kembali mensortir surat suara yang sudah terlipat dan rusak. Jumlah surat suara yang diterima KPU sudah ditambah untuk cadangan,” imbuh Sumaryatmo.

Sementara, Ketua Panwas Kabupaten Kendal, Ubaidi mengatakan, surat suara yang rusak baik bercak tinta maupun sobek harus dipisahkan. “Prinsipnya selama bercak tinta mengganggu pemilih saat melakukan pencoblosan harus dipisah dan tidak dipakai,” ujarnya.

Pelipatan surat suara dimulai pukul 08.00 WIB sampai 16.00 WIB, dan ditargetkan rampung pada Sabtu (26/5). Sedangkan surat suara yang rusak akan dilakukan rekap tiap hari dan akan dimintakan ganti di KPU Jateng. (MJ-01)

Anda mungkin juga berminat

Tuliskan Balasan

Alamat email Anda tetap rahasia dan tidak kami simpan.

8 + 1 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.