Home > JATENG RAYA > KPU Jepara Minta PPK dan PPS Cari Lokasi Zonasi APK

KPU Jepara Minta PPK dan PPS Cari Lokasi Zonasi APK

Ilustrasi

JEPARA – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Jepara belum menentukan zonasi pemasangan alat peraga kampanye. Saat ini, KPU baru meminta PPK dan PPS mencari lokasi zonasi pemasangan APK di masing-masing daerah.

Komisioner KPU Kabupaten Jepara Subchan Zuhri menyampaikan, setelah zonasi pemasangan APK ditentukan KPU, selanjutnya dimintakan persetujuan Bupati. Nantinya, surat keputusan Bupati tersebut yang dijadikan dasar.

“Penentuan lokasi pemasangan APK dan zona larangan kampanye mengacu pada SK bupati,” ujar Subchan, Jumat (13/10/2016).
Subchan menambahkan, KPU mencari zonasi pemasangan APK dan lokasi kampanye berdasarkan PKPP 12 tahun 2016 Pasal 30 tentang kampanye. Di dalam aturan tersebut disebutkan, pemasangan APK tidak boleh di tempat ibadah, rumah sakit, gedung pemerintahan, dan lembaga pendidikan.

“Tidak hanya di gedungnya saja, tapi juga di halaman dan lingkungan sekitar tempat-tempat tersebut tidak boleh dipasangi APK,” kata Subchan.

Terpisah, anggota Panwaslih Kabupaten Jepara Muhammad Oliez menyatakan, pihaknya menunggu surat penetapan zonasi pemasangan APK dan lokasi kampanye dari KPU. Nantinya, surat tersebut yang dijadikan dasar Panwaslih Jepara untuk memberikan rekomendasi kepada Satpol PP untuk menertibkan APK yang pemasangannya melanggar ketentuan.

“Yang menertibkan APK Satpol PP, kami hanya memberikan rekomendasi. Tapi, teknisnya nanti saat penertiban kami juga turut mendampingi,” kata Oliez.

Saat ini KPU Jepara masih meneliti berkas perbaikan persyaratan pencalonan dan calon bupati dan wakil bupati Jepara. Pada Pemilukada Jepara, bakal diikuti bakal pasangan calon Marzuqi – Dian Kristiandi dan pasangan Subroto – Nuryahman. (Oby)

Ini Menarik!

Menikmati Desa dari Bangunan Kolonial Hotel Garuda

Share this on WhatsApp   BERADA tak jauh dari Gunung Telomoyo, Hotel Garuda yang merupakan …

Silakan Berkomentar