Home > JATENG RAYA > KPU Jepara Khawatir Pencetakan Surat Suara Molor

KPU Jepara Khawatir Pencetakan Surat Suara Molor

​​

ilustrasi
JEPARA – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Jepara khawatir distribusi surat suara Pilkada Jepara 2017 tak tepat waktu. Itu lantaran rekanan yang ditunjuk mencetak surat suara di Surabaya. Sementara, Kabupaten Jepara memiliki wilayah terluar, yaitu kepulauan Karimunjawa. 

Komisioner KPU Jepara Koko Suhendro menyampaikan, distribusi surat suara ke kepulauan Karimunjawa sangat dipengaruhi faktor cuaca. Mengingat masa pendistribusian surat suara berbarengan dengan musim angin barat. Dimana saat saat musim gelombang tinggi tidak ada pelayar dari dan ke Karimunjawa dari Jepara.

“Kami berharap Jepara bisa menjadi prioritas dalam pendistribusian surat suara, khususnya untuk Karimunjawa mengingat disana ada ribuan suara,” ujar Koko, Rabu (14/12/2016). 

Selain terkendala faktor cuaca, Koko melanjutkan, rekanan pencetak surat suara yang berada di Surabaya berpotensi menimbulkan kendala teknis. Itu seperti surat suara tertukar, rusak ataupun kualitasnya rendah. Sehinggal hal tersebut juga berpengaruh pada proses pendistribusian.

“Dalam waktu dekat kami akan ke KPU RI untuk berkordinasi mengenai persoalan tersebut,” terang Koko.

Selain berkait waktu pendistribusian, Koko menambahkan, koordinasi dengan KPU RI juga untuk memastikan bahwa hasil cetakan surat suara baik. Pasalnya, KPU Jepara memiliki pengalaman diprotes tim kampanye masing-masing pasangan calon karena hasil cetakan beberapa alat peraga kampanye (APK) tidak sesuai standar.

“Untuk kerusakan atau buruknya kualitas surat suara memang baru bisa diketahui saat proses sortir dan pelipatan,” imbuh Koko.

KPU Jepara mentarget surat suara sudah siap didistribusikan ke tempat pemungutan suara (TPS) paling lambat 15 hari sebelum tanggal pencoblosan (H -15). Surat suara mulai dicetak pada H -29 sebelum pencoblosan. Tenggat waktu pencetakan itu untuk memberi waktu kepada partai politik yang mungkin mengganti calon yang diusung. (oby)

Ini Menarik!

Golkar Restui Lima Paslon Bertarung di Pilkada Serentak 2018

Share this on WhatsAppSEMARANG – Mendekati Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2018, Partai Golkar mengeluarkan …

Silakan Berkomentar