Home > JATENG RAYA > KPK Periksa Lima Pegawai KSOP Kelas I Tanjung Emas

KPK Periksa Lima Pegawai KSOP Kelas I Tanjung Emas

Kepala KSOP Kelas I Tanjung Emas, Gajah Rooseno usai menjalani pemeriksaan oleh petugas KPK di kantornya. (foto: metrojateng.com/ Efendi)

SEMARANG – Petugas Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) datangi Kantor Kesyahbandaran dan Otoriter Pelabuhan (KSOP) Kelas I Tanjung Emas, Selasa (6/9) siang. Sebanyak 9 orang penyidik melakukan pemeriksaan terhadap lima pegawai KSOP Kelas I Tanjung Emas.

Kepala KSOP Kelas I Tanjung Emas, Gajah Rooseno mengatakan lima orang yang diperiksa termasuk dirinya yang juga merupakan Kuasa Pengguna Anggaran (KPA). “Tadi lima orang termasuk bagian keuangan, dan beberapa lainnya diperiksa tempatnya pisah pisah, saya ini sebentar saya nggak sampai satu jam. Intinya mereka melakukan investigasi, verifikasi kebenaran daripada apa yang kita lakukan,” ujarnya.

Selain memeriksa beberapa saksi, penyidik juga menyita berbagai dokumen yang berkaitan dengan proyek pengerukan Tanjung Emas. Dokumen tersebut berisi data progress dari kegiatan pengerukan. Bukti-bukti mulai dari proses lelang tender, final soundingnya (hasil pengerukannya apakah sesuai atau tidak dengan yang dilapangan), dan administrasi lainnya yang berkaitan dengan pengerukan.

Proses pengambilan dokumen dan pemeriksaan saksi berlangsung selama kurang lebih enam jam. Penyidik datang ke Kantor KSOP Kelas I Tanjung Emas sekitar pukul 10.00, dan terlihat keluar dari kantor sekitar pukul 16.00 dengan membawa map, folder dan kardus berisikan dokumen-dokumen yang ada di kantor tersebut.

“Data semua kita serahkan, dengan berita acara penyerahan kita tanda tangani. Hanya file dokumen dan buku-buku, semuanya hardcopy,” jelas Gajah.

Meskipun hingga saat ini belum ada pemanggilan, namun Semarang menjadi salah satu kota yang disebutkan dalam pemeriksaan OTT Dirjen Hubla Kemenhub sehingga dilakukan pemeriksaan oleh KPK guna menemukan benang merah dari kasus OTT tersebut. Gajah juga mengaku siap jika nantinya ia dipanggil oleh tim KPK guna penyelidikan lebih lanjut.

“Pasti kita kan pegawai yang baik. Siap memberikan keterangan untuk lancarnya jalan proses ini,” pungkasnya. (fen)

Ini Menarik!

1 Sura, Ribuan Warga Kendal Rebutan Nasi Bungkus

KENDAL – Ribuan warga dari sejumlah daerah saling berdesakan dan berebut nasi sura dalam peringatan Haul …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *