Kompak Tidak Buang Air Besar Sembarangan

Deklarasi Stop Buang Air Besar sembarangan di Balai Desa. (foto: metrojateng.com/Edi Prayitno)

KENDAL – Warga Desa Pojoksari Kecamatan Rowosari Kendal kompak dan sepakat untuk tidak buang air besar sembarangan. Kesepakatan ini dituangkan dalam deklarasi Stop Buang Air Besar sembarangan di Balai Desa belum lama ini.

dr Nur Widya Astuti dari Dinas Kesehatan Kendal mengatakan, deklarasi ini sebagai pendidikan kesehatan kepada warga agar menjaga kesehatan diri, serta lingkungan sekitar. Apalagi ini sudah memasuki musim hujan yang akibatanya bisa buruk apabila warga buang air besar sembarngan. Karena bisa menyebabkan penyakit seperti disentri, atau muntaber yang penyebarannya cepat lewat air.

“Melalui kegiatan ini diharapkan meningkatkan  kesadaran warga tentang dampak bagi lingkungan sekitar,” kata dia.

Babinsa Pojoksari, Pelda Sudaryanto mengatakan, kegiatan ini di lakukan sebagai upaya untuk memberikan pengetahuan kepada warga bahaya dan dampak dari buang air besar sembarangan. Karena saat ini masih banyak warga yang belum mempunyai jamban sehingga mereka biasanya buang air besar di sungai.

Hal ini bisa memberikan dampak buruk bagi kesehatan masyrakat disekitarnya. “Kesehatan merupakan faktor penting dalam kehidupan ini, lebih baik mencegah daripada mengobati,” kata dia. (MJ-01)

Anda mungkin juga berminat

Tuliskan Balasan

Alamat email Anda tetap rahasia dan tidak kami simpan.

86 − 79 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.