Home > JATENG RAYA > METRO SEMARANG > Komisi B DPRD Jateng Selesaikan Raperda Daerah Aliran Sungai  

Komisi B DPRD Jateng Selesaikan Raperda Daerah Aliran Sungai  

image

SEMARANG – Meski masa kerjanya habis, tidak menyurutkan semangat Komisi B DPRD Jateng untuk bekerja. Mereka kini  sedang giat merampungkan Raperda Pengelolaan Daerah Aliran Sungai (DAS) di Provinsi Jawa Tengah.

Pada Selasa (19/8) pekan depan, Komisi B akan berkonsultasi ke Kemendagri di Jakarta. Konsultasi tersebut adalah tahapan terakhir dari rangkain kegiatan Pansus sebelum raperda tersebut disyahkan menjadi Perda.

Sebelumnya, Kamis (7/8) lalu, Komisi B menggelar seminar dengan mendatangkan pembicara Kepala Dinas PSDA Jateng, Prasetyo Budie Yuwono dan Kepala Dinas Kehutanan Jateng Bowo Suryono di Perkebunan Agro Wisata Tuntang Kabupaten Semarang, 

“Harapan kami, pada akhir Agustus ini Perda ini sudah disyahkan,” kata Ketua Komisi B yang sekaligus Ketua Pansus Raperda Pengelolaan DAS, Wasiman, Rabu (13/8/2014).

Wasiman mengatakan, maksud Pengelolaan DAS di Provinsi adalah sebagai acuan bagi Pemerintah Daerah dan Pemerintah Kabupaten/Kota serta pemangku kepentingan dalam mengelola DAS yang merupakan salah satu sumber utama kehidupan makhluk hidup secara serasi dan seimbang melalui perencanaan, pelaksanaan, pemberdayaan, pembinaan dan pengawasan.

Saat seminar, kata Politikus Partai Gerindra itu, muncul usulan dari salah satu kabupaten agar denda yang diberikan bagi yang pelanggar perda ini adalah lebih dari Rp 50 Juta. Tertuang dalam draf raperda pasal 41, bahwa setiap orang dan atau badan yang melanggar ketentuan dalam pasal 26, diancam pidana kurungan, paling lama 6 enam bulan atau pidana denda paling banyak Rp 50 juta.

“Usulan itu tidak bisa diterima. Karena ketentuan (Rp 50 juta) sudah sesuai dengan ketentuan undang-undang yang ada,” kata Wasiman.(MJ-03)

Ini Menarik!

26 dan 27 November 2017 JNE Gratiskan Ongkir

Share this on WhatsApp SEMARANG – Hari Bebas Ongkos Kirim (Harbokir) kembali digelar JNE sebagai …

Silakan Berkomentar