Home > POLITIK > Kisruh Pusat, PPP Jateng Terbelah

Kisruh Pusat, PPP Jateng Terbelah

image
Suryadharma Ali didampingi sejumlah pengurus mengangkat tangan usai menghadiri Forum Silaturahmi DPC-DPC PPP se-Jateng di Hotel Sahid Raya, Solo, Minggu (14/9). Metrojateng/Eko Susanto

SEMARANG – Perseteruan di tubuh Partai Persatuan Pembangunan (PPP) pusat membuat pengurus wilayah terbelah. PPP Jawa Tengah belum juga bisa menentukan apakah mengakui Suryadharma Ali sebagai ketua umum atau mendukung kubu ketua umum Emron Pangkapi dan Sekretaris Jenderal Romahurmuzy.

Untuk menyikapi dualisme kepemimpinan itu, PPP Jateng akan mengumpulkan para pengurus, baik pengurus wilayah maupun pengurus tingkat cabang (kabupaten/kota). Acara tersebut dibalut dalam acara rapat pimpinan wilayah yang digelar pada 17 atau 18 September mendatang. 

“PPP Jawa Tengah akan menyerap aspirasi para pengurus DPC untuk menyikapi dualisme kepemimpinan di pusat,” kata bendahara PPP Jateng Abdul Aziz, Senin (15/9).

Dalam dua pekan terakhir, kepengurusan PPP pusat bergolak. Suryadharma diberhentikan dari posisi ketua umum dalam sebuah rapat pengurus. Suryadharma digantikan Emron Pangkapi. Suryadharma tak terima lalu ganti memecat beberapa pengurus seperti Emron Pangkapi dan Romahurmuzy.

Aziz menyatakan secara pribadi dirinya mengakui kubu Emron Pangkapi dan Romahurmuzy yang lebih sah dan lebih kuat. Faktanya, kata Aziz, kubu ini didukung lebih banyak pengurus baik di tingkat pusat maupun tingkat daerah. Dari segi hukum, kata Aziz, tindakan kubu Romahurmuzy memberhentian Suryadharma Ali juga sah sesuai dengan pasal 10 AD/ART partai. “Pasal ini member peluang rapat harian bisa memberhentikan pengurus,” kata Aziz.

Selain akan memutuskan dukungan pengurus, PPP Jawa Tengah juga akan membahas hal ihwal arah koalisi. Dalam forum rapimwil, PPP Jawa Tengah akan menyuarakan apakah partainya harus tetap berada di Koalisi Merah Putih sebagai kumpulan bekas pendukung calon presiden Prabowo Subianto-Hatta Rajasa ataukah menyeberang ke kubu Joko Widodo-Jusuf Kalla yang sudah ditetapkan sebagai presiden RI terpilih 2014-2019.(MJ-03)

Ini Menarik!

Gerindra Bakal Umumkan Cagub Jateng Pekan Depan

Share this on WhatsApp SEMARANG – Nama calon gubernur (cagub) yang akan diusung Partai Gerakan …

Silakan Berkomentar