Ki Enthus Wafat, KPU Izinkan Parpol Cari Pengganti

SEMARANG – Wafatnya Ki Enthus Susmono sebagai Calon Bupati Petahana Tegal secara otomatis mengubah peta Pilkada yang diselenggarakan di Kabupaten Tegal pada 2018. Almarhum yang juga dikenal sebagai dalang tersebut meninggal dunia karena serangan jantung.

Enthus Susmono saat menerima Press Award tahun 2014. Calon Bupati Petahana Tegal tersebut wafat pada Senin (14/5/2018). foto: metrojateng.com/dok

Seperti diketahui, Enthus tahun ini maju Pilbup Tegal untuk periode kedua berpasangan dengan Umi Azizah. Enthus-Umi diusung PKB dan empat parpol lainnya. Keduanya bersaing dengan paslon Haron Bagas Prakosa-Drajat Adi Prayitno, dan Rusbandi-Fatchuddin.

Namun, menurut Ketua Komisi Pemilihan Umum Jawa Tengah, Joko Purnomo, sesuai aturan UU Nomor 10 Tahun 2016 dan PKPU Tahun 2017, pasangan calon yang berhalangan atau meninggal dunia, berhak dicarikan penggantinya.

Baca Juga: Dalang Enthus Meninggal akibat Serangan Jantung

“Dimana sebelum 30 hari, salah satu paslon yang berhalangan atau meninggal dunia dapat mengusulkan pasangan penggantinya,” kata Joko, Selasa (15/5).

Dia menuturkan batas waktu penggantian calon maksimal tujuh hari sejak yang bersangkutan meninggal dunia. Ia berjanji akan memverifikasi identitas paslon pengganti sebelum Pilbup Tegal digelar. “Tapi jika melebihi batas waktu itu, maka dinyatakan gugur,” urainya.

Penggantian calon, kata dia, bisa dilakukan oleh parpol gabungan yang mengusungnya. “Karena ini masih 36 hari maka punya hak mengganti. Supaya calon wakil bupatinya tetap bisa ikut tahapan Pilkada,” terang Joko.

Calon Bupati Tegal, Enthus Susmono meninggal dunia, pada Senin (14/5). Pria yang dikenal sebagai dalang nyentrik iti wafat pukul 19.10 WIB. Kabar duka tersebut disampaikan Pelaksana tugas (Plt) Bupati Tegal, Sinung Nugroho, dalam pesan singkat yang diterima wartawan.

Sinoeng menyebutkan Ki Enthus wafat di RS Soeselo, Slawi Tegal. “Iya benar. Beliau meninggal dunia tadi jam 19.10 WIB di RS Soeselo, Slawi,” begitu kata Sinoeng lewat pesan singkat telepon seluler. Almarhum wafat dalam usia 52 tahun.(far)

Anda mungkin juga berminat

Tuliskan Balasan

Alamat email Anda tetap rahasia dan tidak kami simpan.

76 − 72 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.