Ketua DPRD: Ganjar Tak Usah Urusi Rumah Tangga Dewan

Ketua DPRD Jateng Rukma Setyabudi Foto Metrojateng/dok harsem
Ketua DPRD Jateng Rukma Setyabudi
Foto Metrojateng/dok harsem

SEMARANG – Ketua DPRD Jateng Sementara Rukma Setyabudi meminta Gubernur Jateng Ganjar Pranowo tidak terlalu mengurusi rumah tangga kedewanan. Menurutnya gubernur lebih baik fokus pada tugas-tugasnya sebagai gubernur.

Hal itu dikatakan menanggapi saran Ganjar agar DPRD Jateng bekerjasama dengan Komisi Pemberantasan Korupsi. Dengan kerjasama itu menurut Ganjar, Dewan tidak akan lagi menerima gratifikasi terkait tugas kedewanan. Seperti diketahui gratifikasi adalah salah satu bentuk korupsi.

Terkait saran itu, Rukma menolak. Menurutnya, Dewan telah punya tugas sendiri dalam bidang legislasi, anggaran, dan pengawasan. “Pelaksanan (anggaran) kan di eksekutif, jadi lebih cocok Pemprov Jateng menggandeng BPKP dan KPK sehingga pelaksanaan bersih tidak korupsi. Kalau dewan ngapain,” ujarnya, usai pelantikan DPRD Jateng 2014-2019 di Gedung Berlian DPRD Jateng, Rabu (3/9).

Menurut Rukma, Gubernur Ganjar tidak perlu mengurusi DPRD Jateng yang disebutnya memiliki rumah tangga sendiri. Ganjar lebih baik fokus pada program-program kerjanya agar segera dapat terealisasi. “Dewan kan punya urusan rumah tangga sendiri, Pak Gub tidak usah terlalu mengkhawatirkan Dewan. Saya sarankan Pak Gub lebih fokus agar programnya cepat terlaksana,” tukasnya. (MJ-03)

Anda mungkin juga berminat

Tuliskan Balasan

Alamat email Anda tetap rahasia dan tidak kami simpan.

+ 49 = 53

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.