Keris Hibah Kemendikbud Dipamerkan Bergantian

keris kemendikbud
Hibah Keris dari Kemendikbud disimpan di ruang transit Museum Keris Nusantara. (foto: metrojateng.com/MJ-25)

 

SOLO – Koleksi Museum Keris Nusantara, Solo bakal diganti setiap tiga bulan sekali. Hal tersebut disampaikan oleh Kepala UPT Museum, Bambang MBS, Rabu (14/3). Ia menjelaskan adanya hibah barang sitaan dari Kemendikbud sebanyak 1211 keris akan dimanfaatkan sebagai penambahan display, keris dan pusaka tersebut tidak akan di display sekaligus.

“Kita tidak display semuanya, tapi nanti tiap tiga bulan kita ganti bergiliran, biar pengunjung tidak bosan dan selalu berkunjung ke museum,” ucapnya saat dijumpai di kantornya, Rabu (14/3).

Menurut Bambang, ruang diplay keris saat ini terdapat 240, pihaknya berencana untuk menambah ruang display agar keris hibah dari Kemendikbud bisa dipamerkan. Jumlah pengunjung Museum Keris setiap harinya rata-rata 30-40 orang. Pengunjung sendiri berasal dari berbagai kota di Indonesia dan luar negeri.

“Rata-rata pengujung 1.000-1600 per bulan. Kalau per hari 30-40 pengujung. Meliputi umum 30 %, 15 % pelajar, sisanya pecinta keris. Kalau wisatawan asing sekitar 12 sampai 19 orang, ada dari negara Perancis, Belanda, Malaysia, Jepang, dan Qatar,” jelasnya.

Baca juga: Keris Sitaan Kemendikbud Diserahkan ke Museum Keris

Ribuan keris yang merupakan hasil sitaan dari Kemendikbud tersebut diserahkan secara langsung oleh Dirjen Kebudayaan kepada Walikota Solo, di Jakarta, Selasa (13/3). Keris tersebut saat ini masih disimpan di ruang transit Museum Keris, sembari menunggu dari pihak BPCB, Kurator, Dinas Kebudayaan Pemkot Solo, dan Kepolisian sebagai sanksi pembukaan 1211 keris tersebut. (MJ-25)

Anda mungkin juga berminat

Tuliskan Balasan

Alamat email Anda tetap rahasia dan tidak kami simpan.

83 + = 85

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.