Home > JATENG RAYA > Kepuasan Warga Magelang Pada Layanan Publik Meningkat

Kepuasan Warga Magelang Pada Layanan Publik Meningkat

foto: magelangkota.go.id

MAGELANG – Angka kepuasan masyarakat terhadap kinerja unit pelayanan publik Pemkot Magelang terus mengalami peningkatan. Ditengarai dengan indeks kepuasan yang meningkat dari tahun ke tahun. Tahun 2014 indeks kepuasan masyarakat terhadap layanan publik mencapai angka 74,165 persen, kemudian naik menjadi 74,713 pada 2015. Tahun 2016 naik lagi menjadi 78,186.

Kepala Dinas Komunikasi Informatika Statistik Kota Magelang, Catur Budi Fajar mengatakan pada penilaian Anugerah Keterbukaan Informasi Publik yang dilakukan oleh Komisi Informasi Provinsi (KIP) Jawa Tengah, Kota Magelang terus memperoleh nilai baik. Tahun ini Kota Magelang kembali menjalani sejumlah tahapan evaluasi serta penilaian untuk kegiatan rutin tahunan tersebut.

Tahun 2015 Kota Magelang sudah masuk peringkat sepuluh, tahun 2016 peringkat delapan. “Tentunya tahun ini kita harapkan bisa meraih peringkat satu,” kata Catur. Aplikasi DataGo menyumbang nilai lebih selama tahapan evaluasi dilakukan. Aplikasi yang menjadi salah satu inovasi Kota Magelang ini diluncurkan pada tahun 2014 lalu.

DataGo merupakan sistem pengelolaan data sektoral terpadu berbasis e-filing yang digerakkan secara online oleh SKPD dan instansi vertikal pemilik data strategis daerah. Sistem pada aplikasi ini memiliki jenjang otoritas verifikasi sehingga validitas data yang terpublikasi lebih tinggi.

Sementara, penilaian yang dilakukan oleh KIP ini berfokus pada keterbukaan informasi publik dan dokumentasi. Sehingga, semakin baik peringkat yang diperoleh, semakin menunjukkan keterbukaan akses informasi yang disediakan oleh pemerintah daerah untuk masyarakat.

Ada beberapa tahapan dalam penilaian tersebut. Diantaranya, evaluasi dan penilaian website, penilaian kuisioner mandiri (SAQ), visitasi dan  verifikasi. “Masih ada tahapan lainnya yang mesti dilalui. Yakni presentasi badan publik yang akan dipaparkan langsung oleh Wali Kota Magelang di Semarang,” jelas Catur. (MJ-24)

 

Ini Menarik!

Menikmati Desa dari Bangunan Kolonial Hotel Garuda

Share this on WhatsApp   BERADA tak jauh dari Gunung Telomoyo, Hotel Garuda yang merupakan …

Silakan Berkomentar