Kepala Rutan Purworejo Diduga Terima Rp 300 Juta

Kepala Rutan Purworejo, Cahyono Adhi Satriyanto saat akan dibawa ke BNN usat di Jakarta. (foto: metrojateng.com/Efendi)
SEMARANG – Kepala Rutan Purworejo, Cahyono Adhi Satriyanto yang ditangkap oleh petugas gabungan BNN atas Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU) pada kasus peredaran Narkoba yang dikendalikan oleh Cristian Jaya Kusuma alias Sancai dibawa ke Jakarta. Ia bersama tiga orang tersangka lainnya termasuk Sancai dibawa ke Kantor BNN Pusat, Jakarta untuk melakukan penanganan kasus lebih lanjut.
“Mereka dibawa ke Jakarta untuk penanganan kasus lebih Lanjut,” ujar Kepala BNNP Jateng, Tri Agus Heru Prasetyo, Selasa (16/1).
Keempat tersangka yang dibawa ke BNN Pusat tersebut mempunyai peran masing-masing dalam kasus peredaran narkoba ini. Sancai merupakan pengendali dibalik kasus tersebut, Sementara Cahyono Adhi Satriyanto menjadi tersangka yang menerima aliran dana dari jaringan Sancai senilai kurang lebih Rp 300 juta sebagai pelancar kinerja Sancai. Sedangkan dua tersangka lain bernama Charles Cahyadi dan Saniran merupakan pengurus keluar masuk dana transaksi narkoba jaringan Sancai.
“Mereka dibawa ke Jakarta untuk keperluan rilis kasus besok pagi oleh Kepala BNN, mereka itu empat dari enam tersangka yang masih kita tangani,” imbuh Kabid Brantas BNNP Jateng, Suprinarto.
Sementara, dua tersangka yang masih berada di Kantor BNNP Jateng yakni Sunarso dan Suratinah. Mereka kini masih menjalani pemerikasaan oeh petugas BNNP Jateng. “Ini yang dua tersangka masih disini untuk menjalani pemeriksaan yang lebih mendalam,” kata Suprinarto.
Sementara itu, penangkapan oknum pejabat hukum yang terlibat dalam kasus peredaran narkoba yang dikendalikan oleh Sancai bukan pertama kalinya terjadi. Sebelum menangkap Kepala Rutan Purworejo ini, beberapa waktu lalu petugas BNN juga mengamankan anggota Diresnarkoba Polda Jateng, AKP KW setelah berupaya menyuap anggota BNNP Jateng.
AKP KW ditangkap di salah satu rumah makan di daerah Bangkong, Semarang pada awal Desember 2017 lalu. Sedangkan Cahyono Adhi Satriyanto diamankan oleh petugas BNNP Jateng pada Senin (15/1) kemarin saat berada di sebuah warung di Purworejo. (fen)
Anda mungkin juga berminat

Tuliskan Balasan

Alamat email Anda tetap rahasia dan tidak kami simpan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.