Kendaraan Hilang di Parkiran, Pemilik Bisa Minta Ganti Rugi

Salah seorang petugas Dishubkominfo Solo menempelkan stiker sosialisasi hak pengguna parkir. Foto Metrojateng
Salah seorang petugas Dishubkominfo Solo menempelkan stiker sosialisasi hak pengguna parkir. Foto Metrojateng
SOLO – Pemerintah Kota Solo dan Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Kota Solo mulai melakukan sosialisasi, terhadap hak-hak bagi penguna jasa parkir. Selama ini banyak jasa pengguna parkir belum mengetahui hak apa saja yang diterimanya, jika mengalami kehilangan maupun  kerusakan terhadap kendaraan yang dimiliki.
Berdasarkan Pasal 223 huruf g perda No. 1 tahun 2013 tentang Penyelenggaraan Perhubungan di Kota Solo, dinyatakan bahwa dalam melakukan usahanya, pengelola parkir mempunyai kewajiban memberikan ganti rugi atas kehilangan kendaraan termasuk kelengkapanya dan kerusakan yang dialami karena kesengajaan atau kealpaan petugas parkir.
“Kami ingin lebih memberikan pengertian kepada masyarakat bahwa pengguna parkir memiliki hak. Jika mengalami kehilangan maupun kerusakan terhadap kendaraan yang diparkir, kami berharap seseorang tersebut mau langsung mengadakan pengaduan kepada Dishubkominfo Solo. Setelah itu, akan dilakukan sidang,” ujar kepala Bidang Lalu Lintas Dishubkominfo Solo, Sri Baskoro.
Pihaknya mengakui bakal melakukan sosialisasi di 150 obyek yang ada di kawasan Kota Bengawan, mulai dari mal, stasiun, rumah sakit, hotel dan tempat lainya. “ Selain itu kami juga berharap kepada masyarakat untuk mau menjaga kendaraan sendiri, meski sudah diparkirkan. Salah satunya dengan mengunci sepeda motor secara baik dan benar,” pintanya. (dit)
Anda mungkin juga berminat

Tuliskan Balasan

Alamat email Anda tetap rahasia dan tidak kami simpan.

− 2 = 7

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.