Home > JATENG RAYA > METRO SEMARANG > Kemenpera Bedah 596 Rumah Warga Miskin di Kendal

Kemenpera Bedah 596 Rumah Warga Miskin di Kendal

image
Penyerahan bantuan rehab rumah di Kabupaten Kendal. Foto Metrojateng

KENDAL – Sebanyak 596 Kepala Keluarga (KK) mendapatkan bantuan stimulan perumahan swadaya bagi masyarakat tidak mampu atau berpenghasilan rendah. Bantuan ini untuk merehab rumah masing masing sebesar Rp 750 ribu. Bantuan ini berasal dari Kementerian Perumahan Rakyat melalui Deputi Bidang Perumahan Swadaya, namun bantuannya tidak berupa uang tunai.

Bantuan diberikan dalam bentuk materian bantunan, dan diberikan untuk mendorong masyarakat berpenghasilan rendah membangun sendiri rumah yang layak huni serta lingkungan sehat dan aman. Adapun kriteria yang mendapatkan bantuan yang berpenghailah di bawah satu juta dan kondisi rumah tidak layak.

Kemudian material yang di belanjakan disesuaikan dengan alokasi anggaran pihak bank akan mentransfer ke nomer rekening toko bangunan. Hal tersebut untuk menghindari kecurangan uang bantuan yang di berikan.

Khoirudin Tabrani, Deputi Bidang Perumahan Swadaya mengatakan bantuan tersebut untuk meningkatkan tarap hidup masyarakat yang berpenghailan rendah. “Di Kabupaten Kendal pada tahun 2012 ada 878  unit rumah yang mendapat bantuan sedangkan tahun 2013 ada 838 unit rumah dan tahun 2014 ada 596 unit rumah,” jelasnya.

Ditambahkan pula, untuk tahun ini ada dua kecamatan yang mendapat bantuan yakni Kecamatan  Kaliwungu Selatan dan Pageruyung. Adapun syarat wajib untuk mendapat bantuan yakni harus ber-KTP secara administrasi.

Tiga desa di Kecamatan Kaliwungu Selatan yang menerima bantuan yakni Desa Kedungsuren, Jeruk Giling dan Sido makmur. Sementara Kecamatan Pageruyung hanya satu desa yang menerima bantuan BSPS tersebut yaitu Desa Surokonto Kulon.

Alokasi bantuan dibagi dua tahap. Tahap I, Desa kedungsuren menerima bantuan 86 unit dan Desa Surokonto Kulon menerima 25 unit. Tahap II, Desa kedung Suren kembali menerima bantuan 69 unit. Pada Tahap ini, Desa Jeruk Giling menerima 72 unit dan Desa Sidomakmur menerima 344 unit. (MJ-01)

Ini Menarik!

Tren Penjualan Eceran di Semarang Belum Naik

Share this on WhatsApp    SEMARANG – Penjualan ritel atau eceran di Kota Semarang pada …

Silakan Berkomentar