Home > JATENG RAYA > Keliling Borobudur Sekarang Bisa dengan VW Safari

Keliling Borobudur Sekarang Bisa dengan VW Safari

Soft launching Explore Borobudur oleh Dirut PT TWCB, Prambanan dan Ratu Boko, Edi Setijono di komplek Borobudur, Magelang, Jumat (3/11). Explore Borobudur  penyediaan VW safari yang siap mengantarkan pengunjung Candi Borobudur mengelilingi desa-desa di sekitar candi lengkap dengan keberagaman potensinya. (foto: metrojateng.com/ch kurniawati)

MAGELANG – PT Taman Wisata Candi Borobudur Magelang meluncurkan ikon baru untuk memberikan pelayanan yang prima kepada pengunjung. Ikon yang dimaksud berupa mobil VW safari yang siap mengantarkan pengunjung berkeliling desa-desa di sekitar candi Borobudur. “Sementara baru ada 30 VW yang siap melayani pengunjung menikmati keindahan dan keberagaman potensi di desa-desa sekitar candi Borobudur,” kata Direktur Utama PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko, Edi Setijono, di sela-sela soft launching explore Borobudur di halaman Gusby, Kompleks Taman Wisata Candi Borobudur, Magelang.

VW safari ini terkenal sebagai kendaraan dinas camat era tahun 70-an. Hal ini merupakan bagian dari Explore Borobudur yang sudah masuk dalam tahap aktivasi. Sebelumnya dalam tahap pertama, dibangun sebanyak 20 balai ekonomi desa atau Balkondes di desa-desa sekitar candi. “Untuk tahap aktivasi ini, kami buat shuttle dari Kawasan Borobudur ke arah desa-desa yang ada Balkondes,” terang Edi.

Pengunjung candi, akan dibawa menuju desa-desa dan melihat dari dekat potensi dan spot-spot menarik di sekitar candi. Dengan begitu, Pengunjung tidak hanya menikmati kemegahan candi peninggalan wangsa Syailendra saja, namun juga lingkungan sekitarnya. Selain mengelilingi desa-desa sekitar candi, VW juga bisa membawa pengunjung berkeliling ke Magelang raya yang penuh dengan obyek wisata indah.

Edi mengemukakan, Explore Borobudur merupakan wujud sinergitas antar berbagai pihak yang melibatkan masyarakat pemilik VW dan Bumades dalam pengelolaannya. Explore Borobudur ini sekaligus untuk menyiapkan masyarakat menjadi tuan rumah dalam menghadapi pertumbuhan kunjungan dua juta wisatawan di Borobudur pada tahun 2019 mendatang.

Dengan adanya paket Explorer Borobudur yang dirintis oleh 30 orang pemilik VW ini, nantinya akan terjadi penyebaran keramaian di kawasan Balkondes, home industri dan potensi wisata lainya. Sehingga pendapatan masyarakat juga akan meningkat karena upaya ini sekaligus untuk memacu pertumbuhan ekonomi lokal melalui sektor pariwisata.

Camat Borobudur Nanda Cahyadi Pribadi sangat mengapresiasi adanya paket Explorer Borobudur ini. Dia perpesan agar upaya ini bisa dijalankan secara bersama-sama dan penuh kekompakan. “Jangan sampai ada persaingan yang tidak sehat  karena jalan sendiri-sendiri,” ujarnya. (MJ-24)

 

 

 

Ini Menarik!

Menikmati Desa dari Bangunan Kolonial Hotel Garuda

Share this on WhatsApp   BERADA tak jauh dari Gunung Telomoyo, Hotel Garuda yang merupakan …

Silakan Berkomentar